New Normal Lebaran keenam

New Normal Masyarakat Bangkinang Tetap Laksanakan "Ghayo Onam" Hari Ini.

Ahad, 31 Mei 2020 - 13:28:39 WIB Cetak

Mendo'akan : Dalam pelaksanaan lebaran keenam meski dalam status new normal masyarakat bangkinang seberang begitu antusias menyambutnya dan mendoakan para saudara dan keluarganya di pemakaman umum. (31/05)

KAMPAR, WARTAPOROS.COM - Ditengah pandemi Covid-19 tradisi “Ghayo Onam” atau Ziarah Kubur, warga Bangkinang tetap dilaksanakan kegiatan tahunan ini dengan pengawasan Protokol Kesehatan,  pelaksanaan ini juga bertepatan dengan status New Normal Kabupaten Kampar dalam permasalahan Pandemi Covid 19. (31/05)

Pelaksanaan Tradisi Ghayo Onam ini merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan masyarakat di wilayah Bangkinang Seberang atau daerah daerah administrasi Kecamatan Bangkinang, yang dalam prosesinya masyarakat melaksanakan ziarah ke makam sanak keluarga, hal ini dilakukan pada tanggal 08 Syawal setiap tahunnya setelah melaksanakan puasa 6 hari di bulan Syawal.

Karena sudah menjadi tradisi dan budaya turun temurun hal ini sangat sulit untuk ditinggalkan oleh masyarakat, ungkap Ujang salah satu warga Bangkinang.

"Walaupun Corona kami tetap melaksanakan Ghayo Onam, menjenguk kuburan keluarga-keluarga kami, karena ini sudah tradisi turun temurun canggung kami kalau tidak dilaksanakan." pungkasnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya masyarakat juga sudah dihimbau oleh pihak berwenang untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Ghayo Onam ini.

"Kami tetap akan cuci tangan,  menggunakan masker, menjaga jarak, serta menghindari berjabat tangan dulu." tutupnya.

Disamping itu, dari pantauan media dilapangan terlihat beberapa pemakaman umum begitu banyak masyarakat yang mengunjunginya mendoakan saudara dan keluarganya.



Penulis : Zulferdi Amri





Baca Juga Topik #wisata+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+