Pemda Kampar Minta Pengelola Plaza Bangkinang Lebih Optimal

Kamis, 10 Oktober 2024 - 20:53:54 WIB Cetak

Kampar - Pj. Bupati Kampar Hambali, pimpin langsung Rapat Koordinasi Bersama beberapa Stake Holder (pemangku kepentingan) terkait Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang Berjualan Di Pasar Inpres Bangkinang dan Pengelolaan Pasar Inpres Bangkinang, bertempat di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Kampar. (10/10)

Kepala Dinas Perdagangan,Koperasi dan UKM Dendi Zulhairi dalam laporannya menyampaikan ada beberapa persoalan yang yang tengah dihadapi dalam pengelolaan pasar inpres bangkinang ini.

"Adapun beberapa persoalan yang tengah dihadapi diantaranya Kondisi pengelolaan Plaza Bangkinang beberapa tahun terakhir lebih kurang 60% kios tidak lagi ditempati atau dimanfaatkan oleh pedagang, Pedagang lebih memilih berjualan di area eks terminal, kemudian kondisi kebersihan pasar sangat buruk dan tidak nyaman, belum maksimalnya pihak PT.MPP memenuhi kewajibannya membayar kontribusi kepada Pemerintah Kabupaten Kampar sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Dan yang tak kalah menjadi masalah utama adalah membludaknya para pedagang yang berjualan di perempatan dan sepanjang jalan Sudirman dan Datuk Tabano Bangkinang Kota, yang selalu mengakibatkan kemacetan dan kondisi pasar menjadi amburadul", Ucap Dendi. 

Loading...

Menjawab hal tersebut, Penjabat Bupati Kampar, Hambali menyampaikan perlunya komitmen dari PT. MPP guna mewujudkan pengelolaan pasar yang optimal. 

"Berkenan permasalahan ini, dalam rangka mewujudkan pengelolaan Pasar dan Plaza Bangkinang yang lebih optimal diperlukan langkah-langkah seperti perlunya komitmen dari pengelolah yakni PT. MPP, Pedagang baik yang di dalam plaza maupun pedagang kaki lima yang berjualan di eks terminal tersebut dan disemua lokasi pasar untuk menjaga kebersihan pasar, ini sangat berguna untuk menciptakan kenyamanan, keamanan dan ketertiban di lingkungan pasar", ucap Hambali. 

Hambali juga mengatakan PT. MPP diharapkan untuk melaksanakan kewajiban atas pembayaran kontribusi ke Pemerintah Kabupaten Kampar sesuai dengan kesepakatan. Dan Hambali juga menghimbau dan menyarankan agar PT. MPP bersama Asosiasi pedagang pasar yang didukung oleh unsur Pemerintah Daerah lakukan musyawarah mengenai pengembalian para pedagang ke lokasi Plaza Bangkinang, agar pasar kembali tertib, teratur dan nyaman.  

 Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kampar Dendi Zulhairi M,si, Kepala Dinas DLH Kabupaten Kampar, Yurico Efril, S.STP, Inspektur Kabupaten Kampar  Febrinaldi Tridharmawan, S.STP, Kapolsek Bangkinang Kota, Perwakilan dari Satpol PP Kabupaten Kampar, Perwakilan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar dan Perwakilan dari Dinas PUPR Kabupaten Kampar serta perwakilan dari Camat Bangkinang Kota. Sedangkan dari pihak pengelolah Pasar Inpres Bangkinang dihadiri langsung oleh  Direktur  PT. Makmur Permata Putra (MPP) Suryanto dan Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Pasar Inpres Bangkinang Kota Safruddin Pakiah dan Ketua Asosiasi Pedagang Plaza Bangkinang Kota Zulbahri.

 (Adv) 

 







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+