Dihadiri Gubri, SMKN 1 Pangkalan Kerinci Launching Kelas Industri dan Panen Perdana Kelapa Sawit

Sabtu, 23 Juli 2022 - 14:45:44 WIB Cetak

Wartaporos.com- Gubernur provinsi Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si. hadiri launching kelas industri dan panen perdana kelapa sawit SMKN 1 Pangkalan Kerinci di Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan kerinci, kabupaten Pelalawan (23/7/2022).

Rombongan Gubernur Riau dan Bupati Pelalawan H. Zukri Misran disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Pangkalan Kerinci Nurasia, M.Pd serta dan sorak gembira dari sekitar 1800 siswa SMKN 1 Pangkalan Kerinci yang hadir. Rombongan berikutnya langsung dipandu oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Pangkalan Kerinci untuk melihat stand hasil kreativitas dari siswa siswa SMKN 1 Pangkalan Kerinci.

Dalam sambutannya yang berapi-api kepala sekolah SMKN 1 Pangkalan Kerinci dengan bangga dan haru menyampaikan rasa terimakasih kepada bapak Gubernur Provinsi Riau yang mau menyempatkan hadir dalam pembukaan jurusan baru di SMKN 1 Pangkalan Kerinci.

Loading...

"Kami sangat bangga dan haru rasanya sekolah kami di kunjungi oleh orang nomor 1 di Provinsi Riau, terimakasih kepada bapak gubernur serta bapak bupati yang mau menyempatkan hadir di sekolah kami ini" ucap Nurasia M.Pd dengan menggebu gebu.

Dijelaskan oleh Nurasia bahwa jurusan di SMKN 1 Pangkalan Kerinci dibentuk sesuai dengan kebutuhan yang ada dimasyarakat.

"SMKN 1 Pangkalan Kerinci ini pak memiliki 20 jurusan dan alhamdulillah menjadi salah satu SMK dengan Jurusan terbanyak di Provinsi Riau, dan jurusan jurusan yang kami bentuk insyaallah sesuai dengan kebutuhan dimasyarakat dan juga kebutuhan di bidang industri yang ada di kabupaten Pelalawan" jelas Nurasia.

Bupati Pelalawan H. Zukri Misran mengatakan bahwa sudah banyak siswa dari tamatan SMKN 1 Pangkalan Kerinci yang telah di terima di perusahaan perusahaan di kabupaten Pelalawan.

"Saya melihat SMK ini  selalu berbenah pak gub, bahkan SMKN 1 Pangkalan Kerinci ini menjadi SMKN terfavorit di kabupaten Pelalawan terbukti dengan meningkatnya jumlah pendaftar, dan tahun ini Alhamdulillah sekitar 28 siswa alumni SMKN 1 Pangkalan Kerinci sudah diterima kerja di PT. Rapp, kita turut berterima kasih kepada pihak perusahaan dan kita berharap kerjasama yang lebih dari perusahaan dalam penyerapan tenaga kerja dari SMK ". Ucap H. Zukri dalam sambutannya.

Gubernur Provinsi Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si menyampaikan bahwa penting sekali pendidikan vokasi dibentuk guna siswa-siswi tamatan SMK dapat diperdayakan didunia kerja.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa program pendidikan vokasi adalah program dari presiden Jokowi, karena bagaimanapun kita harus memajukan jiwa entrepreneur siswa siswa kita ini, bahkan di pesantren-pesantren sudah digalakkan adanya santripreneur yang dilaunching langsung oleh bapak wakil presiden di Universitas Indonesia". 

Ditambahkan Demisioner Bupati Siak itu bahwa banyak pengangguran berasal dari Sekolah SMK karena banyaknya produk di SMK tidak sesuai kompetensi.

"Jumlah Pengangguran dari SMK ini terbilang tinggi karena produk-produk di SMK itu rata rata tidak sesuai kompetensi, karena terkendala salah satunya sertifikasi bidang kompetensi tersebut, nah pendidikan vokasi ini berguna agar nantinya anak anak tamatan SMK dapat diberdayakan dalam dunia kerja". Tambah Syamsuar.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita menandakan resminya launching jurusan industri dan panen perdana kelapa sawit,. Acarapun ditutup dengan simbolis pemanenan perdana kelapa sawit yang ada di perkarangan SMKN 1 Pangkalan Kerinci. (RH)





Baca Juga Topik #pendidikan+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+