Begini Cara Mengatasi Pengeluaran Tak Terduga dalam Keluarga

Ahad, 27 Februari 2022 - 09:24:19 WIB Cetak

Sumber : https://www.pexels.com/photo/shopping-business-money-pay-50987/

WARTAPOROS.COM-Sudah merencanakan pengeluaran bulanan sebaik mungkin, tapi tetap saja ada pengeluaran tak terduga datang tiba-tiba? Tanpa sadar, sering sekali kita melakukan pengeluaran tak terduga dalam keluarga.

Namun tanpa Anda sadari, persoalan ini bisa menjadi masalah finansial dalam keluarga. Munculnya masalah terkait biaya pendidikan anak, kesehatan, sosial, serta permasalahan keuangan lainnya. Sementara Anda belum siap karena dana yang seharusnya digunakan telah terpakai untuk kebutuhan lain.

Menarik, ternyata kondisi seperti ini tidak hanya dialami oleh mereka yang tidak memiliki perencanaan keuangan. Pasalnya, mereka yang memiliki pengelolaan baik dan teratur sekalipun bisa jadi pernah dihadapkan pada situasi seperti ini.

Loading...


Cara Efektif Mengatasi Pengeluaran Tak Terduga dalam Keluarg

Pengeluaran di luar kebutuhan yang sudah direncanakan, tentunya akan mengganggu kebutuhan prioritas keluarga. Mengatasi persoalan ini, penting bagi Anda untuk mencegahnya dengan pengelolaan keuangan seperti berikut.


1. Membuat Anggaran Pengeluaran
Untuk meminimalisir kondisi keuangan yang bermasalah, Anda perlu membuat anggaran pengeluaran setiap bulannya. Cara ini berguna untuk memonitor arus keuangan, sehingga Anda akan terhindar dari pemborosan. 
Mulailah dengan mencatat total pemasukan keluarga, kemudian buatlah rincian mengenai pengeluaran setiap harinya dalam 1 bulan. 

2. Membuat Skala Prioritas
Cara selanjutnya, yakni dengan membuat skala prioritas keluarga. Pertimbangkan antara keinginan dan kebutuhan yang perlu dipenuhi, lalu tentukan kebutuhan yang menjadi prioritas agar terpenuhi lebih dulu.

3. Tidak Semua Pengeluaran Harus Dipenuhi
Terapkan prinsip bahwa pengeluaran tak terduga, tidak semuanya harus Anda penuhi. Dalam hal ini, Anda perlu melihat seberapa penting pengeluaran tersebut. Misalkan saja dalam hal belanja. Hindari atau tahan keinginan Anda untuk membeli barang-barang langsung atau saat itu juga. 

Berikan waktu bagi pikiran rasional Anda untuk mengendalikan emosi atau hawa nafsu atas keinginan Anda tersebut. Jika pikiran sudah stabil dan bisa berpikir jernih, Anda akan bisa memutuskan seberapa perlu pengeluaran pengeluaran tersebut.


3. Secepatnya Bayar Tagihan
Merencanakan pengeluaran bulanan dengan baik, di mana Anda harus merencanakan pengelolaan penghasilan dengan baik. Pastikan untuk membayar pengeluaran secara rutin, demi menghindari Anda harus melakukan pembayaran denda akibat telat bayar tagihan. 

4. Hindari Pembelian Barang Demi Keinginan
Anda secara tiba-tiba ingin membeli suatu barang atas terobsesi memiliki barang-barang yang menarik? 
Jika saat ini Anda tak punya uang lebih atau sisa dari perencanaan kebutuhan bulanan, hindari membeli barang-barang di luar yang Anda butuhkan. Selalu menuruti keinginan, justru akan potensi pada pengeluaran yang tak terduga.

6. Proteksi /Asuransi
Sebagian besar masyarakat, masih belum tahu mengenai seberapa pentingnya manajemen risiko / asuransi. Beberapa pengeluaran tidak terduga seperti biaya perbaikan mobil akibat tabrakan atau kebakaran rumah menjadi suatu hal yang tak bisa diduga.

Hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan manajemen risiko melalui fasilitas proteksi atau asuransi. Maka dari itu, lakukan pengelolaan finansial yang benar guna mengatasi pengeluaran tidak terduga ini.

Mengatasi ketidaksiapan secara finansial dan tetap dihadapkan pada kebutuhan mendesak, maka solusinya adalah kredit Tunaiku. Tunaiku menjadi aplikasi aman pinjaman online yang berada di bawah naungan Bank Amar.

Bank Amar yang memiliki nama lengkap sebagai PT Bank Amar Indonesia Tbk telah berdiri sejak tahun 1991. Bank Amar telah berhasil menjadi bank di Indonesia yang bersifat murni digital pertama dan berkembang pesat. 

Salah satunya dengan kehadiran layanan kredit Tunaiku. Hanya saja Tunaiku tidak masuk dalam daftar pinjaman online yang berizin OJK dan juga tidak termasuk P2P lending seperti pinjol lain. Meski begitu, Tunaiku merupakan produk dari Bank Amar yang bisa memberikan layanan KTA.

 Adapun layanan KTA ini telah masuk dalam daftar dan mendapatkan pengawasan dari OJK. Dengan pengajuan dana cepat dan Simulasi Tunaiku yang mudah, segera atasi kebutuhan mendesak Anda! 





Baca Juga Topik #serba serbi+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+