Setelah Puong Alo, Kini Sughau Berhasil Menuju Nasional

Rabu, 18 Agustus 2021 - 13:37:03 WIB Cetak

Kampar, Wartaporos.com -Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun 2021 dilaksanakan secra Daring di Tingkat Provinsi pada tanggal 13 - 15 Agustus 2021 lalu dan kini dengan mendapatkan juara pertama kategori musik Tradisional dengan judul "Sughau" SMK negeri Satu Kuok Kembali wakili Riau ketingkat nasional. 

"Sebelumnya pada tahun 2019 lalu SMKN 1 Kuok juga berhasil ke tingkat nasional dengan karya berjudul " Puong - Puong Alo ". sedangkan pada tahun ini SMKN 1 Kuok mengambil judul karya " SUGHAU " , pembuatan judul ini beranjak dari tradisi kenagharian kuok dimana sekolah ini terletak", Ucap Kepala Sekolah Nurnaningsih M.Pd 

"Kenagerian Kuok merupakan pusat Kebudayaan di Kabupaten Kampar, karya ini terinspirasi dari salah satu traidisi yang ada di kuok, SUGHAU atau Surau, Sughau dalam Bahasa Indonesia berarti tempat pengajian yang di ikuti para remaja setempat isi dalam pengajian ini berupa wirid dan mengaji", Imbuhnya. 

Loading...

"jadi di dalam pengajian ini memakai beberapa trik atau metode mengaji di dalam tunjuk ajar membaca buku iqro , metode yang di lakukan dengan syair agar mudah di baca dan dihafal , yang mana di dalam metode ini para remaja tersebut saling sahut - menyahut dalam menjawab syair tersebut", Tutup Kepala Sekolah.

Karya komposisi musik yang berjudul SUGHAU berangkat dari bentuk trik mengaji di dalam repertoar syair mengaji khas Kabupaten Kampar, Pengkarya menemukan suatu keunikan dari tradisi metode mengajar mengaji ini , yaitu syair yang di gunakan mudah di hafal dan di baca lalu di jawab serentak oleh para pemuda (murid) dalam membaca buku iqro, di dalam metode mengajar ini terdapat pola pola yang saling terhubung , sehingga pengkarya membuat suatu komposisi musik yang berlandasan dari Nolam kesenian tradisi Kabupaten Kampar . kemudian syair ini diinterpretasikan dan digabungkan dengan warna dan alat musik yang menjadikan suatu ritme yang harmonis , dinamis dan serempak.

Pada puncak FLS2N tingkat nasional musik Tradisional dengan judul Sughau ini akan dimainkan oleh composser Hidayatulloh Gunady, dibantu oleh hendri , dengan pemain , Mutiara aziz, Elen Depira, Reza Alfikri, dan Diana Gustina,, Dibawah bimbingan Asef Gunawan, S.Pd. 





Baca Juga Topik #pendidikan+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+