Surat Pelepasan Sudah Dilayangkan ke PT IIS, Masyarakat Minta Cepat Direalisasikan

Rabu, 20 Januari 2021 - 15:12:48 WIB Cetak

Foto: Surat Permohonan Pelepasan Lahan di HGU PT Inti Indosawit Subur (Dok.Dinsos).

WARTAPOROS.COM-Masyarakat Pangkalan Kerinci mendesak Pemerintah Kabupaten menuntaskan permasalahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau.

Pasalnya, Dinas Sosial Pelalawan telah melayangkan surat permohonan pelepasan lahan TPU kepada PT Inti Indosawit Subur (IIS) sebagai tindak lanjut dari hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPRD Pelalawan yang dilakukan pada tanggal 16 November 2020 lalu.

Surat yang ditandatangani oleh Bupati Pelalawan HM. Harris, tertulis bahwa pihak Pemerintah Daerah Kabupaten pelalawan meminta kepada pihak PT Inti Indosawit Subur agar dapat membebaskan atau memberikan lahan HGU seluas -/+ 4 hektar kepada pemerintah kabupaten pelalawan guna dijadikan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Dan pembebasan lahan HGU untuk TPU ini sangat penting karenakan kondisi lahan TPU di Pangkalan Kerinci sudah mulai menipis dan kemungkinan akan habis pada tahun 2021 ini.

"Kita sudah layangkan surat permohonan pelepasan lahan ke pihak PT IIS. Ini dilakukan sesuai dengan RDP dengan Komisi I dengan dihadiri pihak perusahaan dan BPN Pelalawan," kata Plt Kepala Dinas Sosial Pelalawan, Srinoralita MM kepada media ini.

Dijelaskan Srinoralita, bahwa ada keterlambatan surat menyurat ke pihak perusahaan dikarenakan pihaknya banyak kegiatan dinas diakhir tahun yang harus dituntaskan salah satunya fokus terhadap penyaluran pelayanan bantuan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kabupaten Pelalawan.

Sementara itu, Ketua LPM Pangkalan Kerinci Barat, M Ali menyayangkan lambanya penuntasan masalah lahan TPU ini. Sebab kurang 3 bulan lebih dari kesepakatan RDP bersama waktu lalu.

"Kita sudah melakukan rapat internal dengan LPM se-Kecamatan Pangkalan Kerinci untuk mendesak pemerintah menindak lanjut hasil RDP lalu. Kita akan kembali memasukan surat ke DPRD untuk tindak lanjut RDP sebelumnya, terlebih surat permohonan telah dilayangkan ke pihak perusahaan," tegasnya.

Hal sanada disampaikan, Ketua BEM STT Pelalawan Raihan Afrinal D mengatakan siap mengawal TPU Pangkalan Kerinci hingga tuntas, terlebih ini untuk kepentingan umat khususnya di Kecamatan Pangkalan Kerinci.

"Kita siap turun membantu mengawal TPU sampai tuntas. Karena kita nilai dalam perjalanan penuntasan TPU ini agak lamban, sedangkan kebutuhan lahan sudah mendesak," terangnya.

Ditambahkan Aktivis Pelalawan ini, surat permohonan sudah dilayangkan, jadi tunggu apalagi. Diharapkan, secapatnya direalisasikan.***





Baca Juga Topik #serba serbi+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+