Jubir Satgas Paparkan Gejala Covid-19

Senin, 30 November 2020 - 14:48:29 WIB Cetak

Indra Yovi.

PEKANBARU, WARTAPOROS.COM - Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengatakan gejala Covid-19 harus diketahui masyarakat luas sebelum kondisi kesehatan yang orang yang terpapar tersebut tidak semakin memburuk.

Hal itu di sampaikannya saat melakukan Press Converence di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, Senin (30/11/2020) pagi.

"Kita harapkan masyarakat memahami gejala dari Covid-19," kata Indra Yovi.

Loading...

Dijelaskannya, bahwa gejala dari Covid-19 diantaranya tidak bergejala sama sekali, gejala ringan, sedang. Untuk tidak bergejala dan bergejala ringan bisa melakukan isolasi mamdiri dirumah atau juga boleh di tempat yang sudah ditentukan pemerintah.

"Gejala ringan ini batasanya diantaranya, kehilangan penciuman, batuk ringan, demam yang tidak menetap atau naik turun dan tidak  ada sesak," katanya.

Sedangkan untuk gejala sedang yaitu dapat diketahui munculnya sesak.

"Sesak itu tidak mesti napasnya cepat, tetapi dada terasa berat juga sudah termasuk bagian dari sesak napas, kalau ada gejala demikian segera datang kerumah sakit, karena tentunya seseorang tersebut membutuhkan oksigen," katanya.

Terangnya kemudian gejala sedang selanjutnya yaitu demam yang persisten, demam persisten ini ketika dikasi obat demamnya akan turun sebentar kemudian naik lagi dan batuk persisten yaitu batuk yang terus menerus.

"Batuk Persisten ini kalau pun dikasi obat susah berhenti batuknya dan batuknya terus menerus,"ujar Indra Yovi.

"Kalau ada gejala yang begitu segera datangi rumah sakit, jangan biarkan kondisi kesehatan semakin memburuk supaya penanganan bisa dilakukan secara maksimal,"pungkasnya.(sem)







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+
Kesehatan

Ratusan Petugas Bandara SSK II Disuntik Vaksin

Ahad, 21 Maret 2021
Kesehatan

Kecamatan Kuok Gencar Lawan Covid

Kamis, 09 April 2020