Penanaman pohon

KUPS dan KPA-KR Lakukan Penanaman pohon

Sabtu, 28 November 2020 - 21:32:38 WIB Cetak

Rohul, Wartaporos.com - Dengan program bantuan pengembangan perhutanan sosial nusantara (bang pesona) yang diberikan kepada kelompok usaha perhutanan sosial desa koto ranah kecamatan kabun bekerja sama dengan kelompok pecinta alam koto ranah (KPA-KR) melakukan penanaman di sepanjang jalur pendakian puncak ranah setinggi 900 MDPl. (28/11). 

"Pohon merupakan penghasil oksigen yang dibutuhkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya, Semakin banyak pohon yang ditanam maka akan semakin banyak juga oksigen yang dihasilkan". 

Hal itu disampaikan oleh Usman Ali ketua kelompok usaha perhutanan sosial desa koto ranah melalui akun media sosial WhatsAppnya setelah melakukan penanaman di sepanjang jalur pendakian puncak ranah. 

Loading...

Disamping itu ia juga menuturkan "Pohon menjadi penjaga erosi tanah, menyimpan sumber air, pohon juga sebagai tempat menghasilkan berbagai kebutuhan nabati manusia seperti buah-buahan,” Tuturnya.

Tak hanya sampai disitu saja, penanaman ini merupakan perdananya yang dilakukan di jalur pendakian puncak ranah dalam memperingati hari menanam pohon Indonesia. 

Adapun pohon yang ditanami sepanjang jalur pendakian tersebut terdiri dari bibit pohon meranti sebanyak 300 batang, durian 100 batang bibit, matoa 100 batang bibit, serta lengkeng 100 batang bibit. 

"Dengan adanya program bang pesona ini semoga bisa dinikmati oleh masyarakat dan pengunjung puncak ranah serta hutan Indonesia bisa hijau kembali karena telah banyaknya hutan mulai gundul akibat kebakaran atau bahkan maraknya ilegal logging", Harapnya. 

Penanaman yang dilakukan di kawasan jalur wisata puncak ranah itu selain dihadiri oleh anggota kelompok tani hutan dan kelompok pecinta alam juga turut hadir pada kesempatan itu PKSM dari KLHK, kepala desa koto ranah Safrizal serta KPH suligi batu gajah. (PJR) 





Baca Juga Topik #wisata+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+
Nasional

Menkumham: Bandar Narkoba Harus Dimiskinkan!

Rabu, 02 Februari 2022
Nasional

Tiga Penasihat KPK Pilih Mundur

Selasa, 03 Desember 2019