Erik Suhenra S.I.Kom; Sedekah Mampu Menolak Bala, Termasuk Menghalau Wabah Penyakit

Jumat, 27 Maret 2020 - 15:39:28 WIB Cetak

Ketua ICMI Muda Kabupaten Pelalawan, Erik Suhenra S.I.Kom.(Istimewa)

WARTAPOROS.COM--Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI ) Muda Kabupaten Pelalawan, Erik Suhenra S.I.Kom menuturkan, salah satu amalan sederhana yang dapat menolak atau menghalau bala adalah sedekah.

Di dalam Hadist Nabi Muhammad sudah menjelaskan bahwa sedekah itu menolak 70 jenis bala atau musibah. Dijelaskannya, bahwa sedekah dapat menolak 70 macam bencana dan yang paling ringan (di antara bencana itu) adalah wabah penyakit kusta dan lepra," (HR. Thabrani dalam Mu’jamul Kabir).

Sambung Erik, bahkan sedekah juga terkandung nilai-nilai sosial karena akan tumbuh saling peduli, bekerja sama atau saling tolong menolong.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:
"Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit. Kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah."(HR Bukhari dan Muslim).

Hadist tersebut menjelaskan bahwa sedekah juga dapat meredakan dan menghindari perselisihan. Kemudian sedekah tidak hanya berupa harta benda, namun menolong seseorang seperti memberi tempat duduk kepada orang yang lebih tua di kendaraan umum juga tergolong sedekah.

"Jadi intinya, wabah musibah COVID-19 ini bisa kita lawan dan basmi dengan kebersamaan kita sebagai rakyat, sesuai dengan posisi masing-masing," tutupnya.**





Baca Juga Topik #serba serbi+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+