Hari Peduli Sampah, SDN 005 Desa Makmur Menyulap Barang Bekas Jadi Barang Bermanfaat

Ahad, 23 Februari 2020 - 14:41:19 WIB Cetak

Kegiatan Pembuat Hasta Karya Bersama Guru, Orangtua dan Anak Didik dalam rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

WARTAPOROS.COM-Sekolah Dasar Negeri (SDN) 005 Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau membuat hasta karya barang bekas dengan tema untuk mengembangkan kreativitas siswa dan orangtua hebat.

Dalam kegiatan itu, berbagai kreatifitas barang bekas disulap, menjadi barang berharga yang mempunyai seni hasta karya. Kegiatan itu, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

“Kegiatan hasta karya ini sebagai implementasi, program pendidikan keluarga menjadi orangtua hebat. Artinya, bagaimana memanfaatkan barang bekas menjadi barang berharga yang bekerjasama antara orangtua dan murid dalam pembuatannya,” kata Kepala SDN 005 Desa Makmur, Sarastri SPd kepada wartaporos.com, Minggu (23/2/20).

Sambung Kepsek murah senyum ini, dikatakanya bahwa dengan hasil kerajinan ini, nantinya akan dipajang di setiap kelas. Supaya menjadi motivasi pelajar itu sendiri dalam mengembangkan kreativitas dirinya, serta memberikan rasa nyaman dalam proses belajar dan mengajar. Tentunya, dapat dirasakan langsung oleh anak didik itu sendiri maupun orangtua.

"Alhamdulillah, respon dari orang tua cukup antusias terhadap program tersebut. Selain itu, kita juga menjelaskan kepada anak didik dan orangtua bahwa kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Febuari lalu," terangnya.

Ditambahkan, Sarastri kegiatan ini bukan sekadar proses belajar mengajar di sekolah saja. Namun, peranan orangtua juga sangat penting dalam memantau langsung pendidikan karakter anaknya. Dimana orangtua juga bisa berinteraktif dan berkomunikasi kepada majelis guru, bagaimana perkembangan anaknya setiap hari hingga tamat sekolah.

“Kita mengucapkan terimakasih banyak kepada orangtua murid yang memberikan kontribusi kepada sekolah, serta bersama-sama memantau perkembangan karakter anak di sekolah," ucapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Pelalawan, Yusri Saputra SH memberikan apresiasi terhadap kegiatan sekolah yang sangat bermanfaat kepada pendidikan karakter anak. Hari ini sampah menjadi problem di masyarakat, namun dengan adanya kegiatan hasta karya ini sampah mampu menjadi barang yang sangat bernilai dan bermanfaat di masyarakat.

"Kita juga berharap, apa yang dilakukan SDN 005 Desa Makmur ini bisa dilakukan oleh sekolah-sekolah lainya yang berada di Kabupaten Pelalawan. Terlebih kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, semoga dengan adanya peringatan hari sampah ini dapat membuka mata kita bahwa kita harus peduli dengan sampah dilungkungan kita," pungkasnya.***





Baca Juga Topik #pendidikan+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+