13 Manfaat Sujud Bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Jaga Kondisi Jantung dan Otak

Sabtu, 22 Februari 2020 - 17:24:11 WIB Cetak

Iustrasi/net

WARTAPOROS.COM—Sujud merupakan salah satu gerakan khusus dalam menjalankan ibadah salat. Ternyata posisi ini telah diteliti banyak ahli memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Sujud memiliki postur yang sekilas menyerupai gerakan yoga, yakni child’s pose. Jika dalam sujud, posisi tubuh menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Lalu badan dari belakang yang rata ke depan dan memberi ruang kosong di antara perut dengan lantai.

Berikut mengenai manfaat sujud bagi kesehatan tubuh dari berbagai sumber:

Loading...

Melancarkan Persalinan

Gerakan salat berupa sujud ternyata sangat disarankan untuk wanita, terutama ibu hamil. Ketika posisi menungging tersebut, janin dalam rahim akan mempertahankan posisi normalnya. Kemudian saat letak panggul dan pinggang terangkat, maka otot perut merespon secara penuh.

Hal tersebut berperan penting dalam melatih organ di area perut dan mempermudah mengejan saat melahirkan kelak. Sujud dengan mempertahankan napas normal bisa melatih teknik pernapasan untuk persiapan mengejan.

Mencegah Bayi Sungsang

Manfaat sujud bagi kesehatan tubuh selanjutnya, masih berhubungan dengan persalinan. Posisi sujud sama halnya dengan terapi open knee chest. Sujud tentunya mengandalkan energi gravitasi bumi akan membantu posisi bayi kea rah serviks atau leher rahim.

Lebih optimal dalam mencegah kelahiran bayi sungsang bila dilakukan ketika perut kosong dan setelah buang air kecil, karena kandung kemih sudah kosong. Sebaiknya tetap konsultasikan dan dalam pengawasan medis supaya lebih aman.

Meningkatkan Aliran Oksigen dan Kesehatan Jantung

Posisi sujud tentunya memberi peran dengan memposisikan jantung di atas otak, lalu mengalirkan darah yang kaya oksigen. Mengalirnya darah menjadi lebih optimal ke kepala, otak, dan menjaga kesehatan jantung. Hasil lainnya akan meningkatkan fungsi seluruh sel saraf tubuh.

Selain itu, maksimalnya aliran darah dan oksigen ke area mata, hidung, telinga, leher, pundak, serta hati. Hal tersebut akan membongkar sumbatan pembuluh darah di jantung, kemudian menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat sujud bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh, yakni kebaikan untuk sistem pencernaan. Posisi sujud akan membuat usus seperti dipijat, lalu melancarkan peristals, yang akhirnya memudahkan buang air besar dan mencegah ambeien atau wasir.

Meningkatkan Aliran Getah Bening

Pada posisi sujud dengan lutut, hidung, dan dahi menempel di lantai. Adanya energi gravitasi bumi ikut membantu mengalirkan getah bening seperti leher, ketiak, dan kepala.

Menjaga Kelenjar Susu

Manfaat sujud bagi kesehatan tubuh berikutnya masih soal wanita, yakni menjaga serta memperbaiki kelenjar susu. Posisi sujud akan melatih otot perut dan otot dada. Beban tubuh yang congong di bagian depan akan memberi kontraksi otot dan efek memperbaiki kelenjar susu wanita.

Meningkatkan Kecerdasan

Posisi sujud melancarkan darah ke bagian tubuh bagian atas. Semakin lancar tentunya memberi pasokan oksigen yang cukup bagi jantung dan otak. Sehingga sel otak bisa berfungsi lebih baik dan memberi kecerdasan.

Menguatkan Otot
Posisi sujud yang bertumpu pada lutut dan bagian dada akan membuat otot kontraksi, sehingga membuatnya lebih kuat. Beberapa otot yang berkontraksi dan meregang, seperti otot bagian leher, perut, paha, betis, dan bagian tangan.

Menghilangkan Sakit Kepala dan Nyeri

Manfaat sujud bagi kesehatan berikutnya, ialah menghilangkan sakit kepala dan nyeri. Terjadinya peregangan otot leher yang selama ini kaku karena stress. Dahi yang menempel memberikan pijatan refleksi dan mengendorkan saraf muka. Akhirnya memberi peran baik dalam mencegah pusing dan sakit kepala.

Mengobati Insomnia
Insomnia atau susah tidur kini banyak dialami oleh para muda milenial. Sujud dapat menjadi terpi alami alternative dalam mengatasi masalah insomnia Anda.

Mencegah Hernia

Hernia atau dikenal dengan sebutan turun berok, merupakan sakit akibat turunnya buah zakar, efek dari melemahnya lapisan otot dinding perut. Manfaat sujud bagi kesehatan akan diperoleh para lelaki dengan fungsi yang satu ini.

Posisi sujud berperan baik dalam mengurangi penumpukan cairan di rogga perut, sehingga meringankan sakit hernia, serta mencegahnya kambuh lagi.

Mengatasi Stres
Munculnya perasaan tenang dan nyaman dengan merasakan aliran darah yang mengalir lebih lancar. Manfaat sujud bagi kesehatan selain Anda peroleh untuk fisik, ternyata juga kejiwaan positif. Ketenangan yang ditimbulkan akan mengurangi stres, selama bisa melakukannya dengan khusyu dan benar-benar pasrah menghadap Allah.

Terapi Napas

Pada posisi sujud bernapaslah secara normal dan konstan. Udara saat bernapas biasa sehari-hari akan menyisakan sepertiga di dalam paru-paru. Ketika sujud inilah abdnormal fetra lebih menekan area diafragma, sehingga paru-para dapat bernafas dengan lebih baik dan menyehatkan organ tersebut.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu. (HR. Muslim no. 488)

Itulah beberapa manfaat sujud bagi kesehatan yang patut diketahui, supaya diri ini bisa lebih berserah diri dan memahami makna ibadah. Semoga bermanfaat.***





Baca Juga Topik #serba serbi+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+