Tiru Finlandia, RI akan Populerkan Keahlian Koding

Selasa, 26 November 2019 - 19:12:47 WIB Cetak

Ilustrasi (Foto: int)

WARTAPOROS.COM- Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengungkap rahasia merek Nokia dan Angry Birds yang sempat sukses. Dua produk yang punya jenis dan pasar berbeda tersebut sama-sama berasal dari pabrikan Finlandia.

Menurut Bambang Brodjonegoro, pola penggemblengan tenaga digital di Finlandia punya andil besar dalam melahirkan Nokia dan Angry Birds. Hal tersebut akan diadopsi di Indonesia.

"Sebagai negara kita perlu hadir dalam rangka mempercepat peningkatan talenta digital. Salah satu contoh yang kebetulan pernah saya dengar dan menarik konsepnya ada di Finlandia," ungkap Bambang Brodjonegoro dalam acara Digital Construction Day 2019 yang diselenggarakan PT PP di Hotal Mulia, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Loading...

Dia menjelaskan bahwa setiap orang di Finlandia punya hak mengikuti kursus mengenai koding secara gratis. Kursus tersebut diberikan pemerintah Finlandia, tanpa memandang latar belakang masyarakat.

"Tidak peduli apa latar belakangnya, tidak peduli mengerti komputer atau tidak. Setiap orang di sana berhak mengikuti kursus mengenai koding secara gratis," tegasnya.

Artinya, Finlandia berusaha keras untuk membuat massal koding di masyarakatnya. Hal tersebut ternyata mampu mempercepat tersedianya talenta digital.

Dengan negara yang relatif kecil jumlah penduduknya, lanjut Bambang Brodjonegoro, ternyata Finlandia bisa menjadi salah satu pemain penting dalam industri digital. Dia memberi contoh konkret di bidang cell phone dan games.

"Kita tentunya mengingat merek Nokia yang pernah berjaya di masa lalu dan sekarang mereka switch menjadi perusahaan beta provider," urainya.

Selain itu, dia menyebut bahwa di bidang games, Angry Birds pernah sangat populer di Indonesia bahkan dunia. Bambang menegaskan, itu semua dibuat oleh Finlandia.

"Nah dengan muncul games seperti Angry Birds, maka ide itu pasti muncul dari talent yang ada di situ. Dan talent yang di situ tidak mungkin mewujudkan angry bird menjadi games yang difavoritkan banyak pihak kalau dia tidak mengerti dasar dari kodingnya itu sendiri," katanya.***





Baca Juga Topik #pendidikan+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+
Teknologi

TikTok Digugat dengan Tuduhan Bocorkan Data ke China

Selasa, 03 Desember 2019