Ingin Majukan Langgai, Sultan Bos Travel SBT Pasang Internet Gratis Bagi Warga

Kamis, 09 November 2023 - 19:31:15 WIB Cetak

Buyung Iqbal Nurgia, anak muda yang berkarya

LANGGAI(WARTAPOROS.COM)--Buyung iqbal Nurgia yang sering disapa Sultan sosok pengusaha muda  travel agensi yang ada di Dumai ini patut dicontoh. Pasalnya, Pemilik SBT travel ini telah melakukan kerja nyata memasang jaringan internet bagi warga nagari Langgai, Surantih Sumatera Barat secara gratis. Pemasangan internet gratis ini dilakukan Sultan sejak bulan puasa.

Sultan bersama warga setempat pak Rosli, Bonjol, Rano, Iroel dan Duha
saling bahu membahu dalam pengerjaan pemasangan sebuah mini BTS(Base Transceiver Station) yang ada diatas bukit. Yang biaya sendiri ditanggung oleh Sultan dari dana Travel Agensi yang dimilikinya.

"Berbekal ilmu yang saya dapat selama menimba ilmu di Bandung, saya mengajak warga Langgai mewujudkan impian saya agar dapat mengakses internet di daerah terpencil sekalipun," ujar Sultan kepada Wartaporos.com, Kamis (9/11/23).

Loading...

Sultan menambahkan, banyak daerah atau nagari yang ada di Sumatera Barat yang belum terjangkau sinyal sama sekali, salah satunya kanagarian Mudi Surantih, Langgai ini. Disebabkan oleh geografis alam yang dilapisi bukit-bukit sehingga signal BTS Provider tidak dapat menjangkau.

Mini BTS Provider yang dibangun diatas bukit,  berfungsi meng-estafetkan signal dari daerah yang sudah terintregrasi signal.

"Kami warga Nagari Langgai, sangat berterimakasih kepada Sultan. Karena setelah bulan puasa lalu kami telah dapat  mengakses jaringan internet,"ucap pak Rosli.

Dulunya jika kami ingin menelphone saudara kami yang ada du malaysia kami harus pergi dulu ke Kecamatan, namun berkat Sultan, kini kami dapat melakukannya dari rumah, tambahnya.

Untuk misi selanjutnya Sultan berencana akan membangun penerangan jalan umum dengan menggunakan teknologi PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang akan menerangi jalan-jalan gelap yang sering dilalui warga.

"Insya allah misi selanjutnya saya akan membangun PLTS disini," tutup Sultan.(red)
 





Baca Juga Topik #nasional+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+
Nasional

Jembatan di Solok Selatan Putus

Ahad, 24 November 2019
Nasional

Warga Wanasalam: Jangan Anak Tirikan Kami

Jumat, 26 Juni 2020
Nasional

Tiga Penasihat KPK Pilih Mundur

Selasa, 03 Desember 2019