Jarang Terdengar, Ini Sederet Khasiat Daun Gedi bagi Tubuh

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:13:58 WIB Cetak

Daun Gedi/int.

PEKANBARU, WARTAPOROS.COM-Daun gedi merupakan daun yang dapat dikonsumsi. Daun ini merupakan salah satu varietas yang banyak ditemukan di Indonesia, terutama Sulawesi.

Adapun itu, daun gedi mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari mangan, kalium, asam amino, magnesium, kalsium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan.

Berdasarkan kandungan nutrisinya, daun gedi dianggap sebagai salah satu makanan sehat yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Salah satunya dalam menurunkan kolesterol.

Loading...

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (29/3/24), berikut sederet khasiat daun gedi bagi kesehatan yang jarang diketahui, antara lain:

1. Melancarkan Haid

Daun gedi diklaim dapat membantu melancarkan haid. Sebab, air rebusan tanaman ini memiliki sifat yang dapat melancarkan sirkulasi darah atau emmenagogue.

Karena itu, tidak ada salahnya bagi perempuan yang kerap memiliki keluhan menstruasi untuk mengonsumsi air rebusan daun gedi. Hal ini bertujuan agar darah kotor yang ada selama haid dapat segera keluar dari tubuh.

Menariknya lagi, daun gedi juga dianggap bermanfaat bagi ibu yang baru melahirkan dan masih dalam masa nifas. Kendati demikian, penelitian lebih lanjut terkait manfaat daun gedi yang satu ini masih diperlukan lebih lanjut, guna memastikan efektivitasnya.

2. Meredakan Nyeri

Salah satu manfaat kesehatan yang diperoleh dari daun gedi adalah meredakan nyeri. Hal ini lantaran daun gedi memiliki kandungan senyawa bioaktif yang memiliki efek anti nyeri atau analgesik.

Alhasil, daun ini kerap dijadikan sebagai jus sebagai obat alternatif dalam mengatasi beberapa kondisi kesehatan. Salah satunya seperti keluhan nyeri pada bagian tubuh tertentu, khususnya nyeri akibat keseleo atau terkilir.

Meski begitu, studi lanjutan tetap harus dilakukan untuk menyelidiki lebih lanjut efektivitas agen analgesik yang terkandung di dalam daun gedi.

3. Membantu Tingkatkan Fungsi Ginjal

Manfaat daun gedi yang selanjutnya adalah membantu meningkatkan fungsi ginjal. Lantaran ekstrak daun gedi ternyata juga diketahui berkhasiat untuk meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada pengidap penyakit ginjal yang disebabkan oleh diabetes (nefropati diabetik).

Manfaat daun gedi untuk meningkatkan fungsi ginjal ini telah didukung oleh beberapa penelitian ilmiah yang menunjukkan perbaikan sel ginjal pada pasien cedera ginjal setelah pemberian ekstrak daun gedi selama sekitar enam bulan.

4. Membantu Melawan Radikal Bebas

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2020, ekstrak etanol yang terdapat pada daun gedi diketahui memiliki senyawa antioksidan yang potensial.

Perlu diketahui bahwa senyawa antioksidan tersebut dapat menangkal radikal bebas secara efektif. Tak hanya itu, senyawa antioksidan pada konsentrasi tertentu yang terkandung pada daun gedi juga memiliki potensi sebagai hepatoprotektor.

Nah, hepatoprotektor sendiri merupakan istilah medis yang merujuk pada zat atau senyawa yang berperan dalam melindungi kesehatan hati atau liver.***





Baca Juga Topik #kesehatan+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+