IKN

Pemda Kampar Dukung Kaloborasi Dengan IKN

Kamis, 14 Maret 2024 - 23:49:20 WIB Cetak

Jakarta - Pj. Bupati Kampar Hambali,SE,MH hadiri langsung Rapat Koordinasi Nasional Ibu Kota Nusantara di Grand Ballroom Hotel Kempinski Wes Mall Lantai II Grand Indonesia Jakarta. (14/03)

Diselenggarakan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan, Rakor itu dihadiri para narasumber Menteri Dalam Negeri Jend. Pol. (Purn) Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A, Ph.D, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/Kepala BPN RI Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri PPN/Kepala Bapenas RI Suharso Monoarfa, serta Ridwan Kamil sebangai (Kurator Ibukota Nusantara).

Loading...

Dalam Rakor tersebut, mengangkat tema" Kaloborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara untuk Mewujudkan Kota Dunia untuk Semua".

Sementara dalam Pengenalan IKN sebagai "Loncatan Peradaban Indonesia" dan Potensi Kerjasama IKN dengan Pemerintah Daerah, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono dalam arahanya menyampaikan, bahwa dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara sendiri dibagi dalam sembilan wilayah perencanaan. 

Dengan dimiliki dua Kabupaten dengan luas daratan dan lautan lebih kurang  322,429 ha, dimama pembangunan IKN dilaksanakan dengan lima tahap pembangunan dimulai tahun 2023 -2039. Untuk skema pembiayaan sendiri sebanyak 20% dari APBN dan 80% dari Non-APBN.

Sampai saat ini, sebanyak 33 dari 344 investor atau perusahaan swasta dan lembaga non-pemerintah telah memulai pembangunan. Dengan total investasi Groundbreaking 1-4 lebih kurang sebesar Rp 47,5 triliun, sebanyak Rp 68,8 triliun total dari pagu APBN pekerjaan fisik terkontrak.

Kemudian terkait kerja sama antar daerah, ini tidak terbatas pada Kota Balikpapan dan Kota Samarinda, Namun sangat terbuka dengan Provinsi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. 

 







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+