Event Balimau Kasai, Pj Sekda Apresiasi Penyelenggara

Senin, 11 Maret 2024 - 17:57:42 WIB Cetak

Kampar - Tradisi Mandi Balimau Kasai, merupakan tradisi budaya Kabupaten Kampar yang dilaksanakan sehari menjalang pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan, hampir dilaksanakan disetiap daerah di Kabupaten Kampar, Di Batu Belah Kecamatan Kampar sendiri, kegiatan balimau kasai telah masuk dalam Kalender even wisata Riau. (11/03) 

Event Balimau Kasai yang dilaksankan di Dermaga Desa Batu Belah Tahun ini di hadiri Pj Gubermur Riau SF Hariyanto yang diwakili Asisten I Setda Provinsi Riau ,Zulkifli Syukur dan Pj. Bupati Kampar Hambali, diwakili oleh Pj Sekda Kampar Yusri. 

Loading...

Dalam arahannya singkatnya, Pj. Sekda Yusri mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dan menjaga anak-anak saat berada ditengah dan ditepi sungai mengingat saat ini sungai kampar penuh oleh masyarakat, dan Pintu debit waduk PLTA pun sedikit dibuka. 

Lebih lanjut Pj Sekda Kampar selaku Datuok Bandaro Mudo ini juga menyampaikan Marhaban ya Ramdadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan 1445 H/2024 M.

“Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh, dan menjalankan ibadah sunat lainnnya. Karean pahala amal ibadah dibulan ramadhan berlipat ganda dibandingkan bulan lainnya", ucap Yusri. 

Yusri mengapresiasi panitia pelaksanaan Balimai Kasai khususnya di Batu Belah, yang sebelumnya telah melaksanakan berbagai agenda perlombaan dan Sampan Hias.

 

Hal senada juga disampaikan Asisten I Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur dalam kesempatannya mengapresiasi seluruh masyarakat Kampar khususnya masyarakat Batu Belah yang telah melaksanakan event balimau kasai ini. 

Zulkifli mengajak kepada masyarakat Kampar untuk terus membudayakan dan meningkatkan tradisi balimau kasai ini.

“Ini adalah tradisi untuk mensucikan diri menjelang melaksanakan ibadah puasa dibulan ramadhan", ujar Zulkifli. 

Diakhir kegiatan Pj Sekda Kampar bersama Asisiten  I Sekdaporv Riau dan rombongan lainnya melakukan penyiraman Limau Kasai secara simbolis ditepi sungai Kampar.

Usai pelaksanan di Batu Belah, Sekda Kampar bersama Asisiten  I Sekdaporv Riau dan rombongan menyusuri sungai kampar dengan menggunakan perahu karet dan menghadiri kegiatan Balimau Kasai yang dilaksanakan masyarakat Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara tepatnya di Pulau Kosiok.







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+