Rois Reses di Labuh Baru Timur, Warga Keluhkan Persoalan PPDB

Jumat, 14 Juli 2023 - 14:37:51 WIB Cetak

Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi PKS, Rois SAg saat melaksanakan reses.

PEKANBARU, WARTAPOROS.COM-- Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi PKS, Rois SAg, melaksanakan kegiatan reses masa sidang III di Jalan Selamat tepatnya RT 04 RW 10, Kelurahan Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Kamis (13/7/202) siang. 

Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi PKS, Rois SAg saat menyerap aspirasi masyarakat.

Persoalan PPDB dengan sistem zonasi menjadi keluhan utama yang disampaikan oleh warga dalam agenda jemput aspirasi tersebut.

Loading...

Menyikapi keluhan warga, Rois mengatakan bahwa PPDB sistem zonasi merupakan persoalan klasik yang setiap tahunnya menjadi keluhan yang diutarakan oleh masyarakat. Banyaknya anak-anak warga tempatan tak bisa masuk ke SMA Negeri.

Warga yang antusias hadir dalam reses Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi PKS, Rois SAg.

Hal ini lantaran jumlah SMA Negeri di Kota Pekanbaru tak berbanding lurus dengan jumlah yang tamat SMP. Tak dipungkiri masyarakat banyak meminta untuk difasilitasi dan dikomunikasikan dengan Provinsi, sebab SMA Negeri adalah kewenangan Provinsi.

"Masalah PPDB sistem zonasi ini perlu ditinjau ulang, tetapi ini kebijakan pemerintah pusat dan kami didaerah juga sudah menyuarakan kepada DPRD Provinsi Riau hingga DPR RI terkait banyaknya keluhan masyarakat tentang PPDB sistem zonasi. Kami juga ada menyampaikan melalui Pimpinan DPRD Pekanbaru ketika kunjungan ke Kementerian Pendidikan," kata Rois.

Suasana reses Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi PKS, Rois SAg. 

Anggota DPRD Pekanbaru Dapil VI Kecamatan Senapelan-Payung Sekaki ini juga menyayangkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum sepenuhnya mengalokasikan 20 persen APBD Kota Pekanbaru untuk sektor pendidikan. Padahal, sesuai dengan amanat Undang-undang tentang anggaran bahwa 20 persen dari APBD harus dialokasikan untuk pendidikan.

"Kayaknya anggaran 20 persen dari pemerintah untuk pendidikan itu belum terwujud, masih jauh dari harapan. Begitupun sektor kesehatan. Tentu ini momen bagi Pj Walikota Pekanbaru Muflihun untuk memberikan perhatian serius terhadap dua masalah itu. Seperti BPJS Kesehatan itu masih banyak masyarakat kurang mampu yang belum tersentuh," ungkapnya.

Selain itu, Rois yang duduk sebagai Sekretaris Komisi IV DPRD Pekanbaru juga menyerap aspirasi dari warga terkait infrastruktur yakni persoalan jalan rusak dan banjir. 

"Sebagian masyarakat itu banyak mengeluhkan soal infrastruktur, terutama di daerah pemilihan (dapil) saya itu dinomor sekiankan. Tentu ini menjadi catatan bagi saya pribadi, apalagi saya tinggalnya di Kelurahan Labuh Baru Barat yang mana Jalan Payung Sekaki itu menjadi sorotan tajam dari warga sekitar dan saya sampaikan kalau itu anggarannya sangat besar sementara kondisi keuangan Pemko itu terbatas," paparnya.

DPRD Pekanbaru pun terus mendorong Pemko Pekanbaru untuk mencari solusi ditengah banyaknya keluhan masyarakat terkait infrastruktur, salah satunya berkoordinasi dengan Pemprov Riau.

"Soal infrastruktur ini, saya tidak boleh berdiam diri juga. Ini kan ada solusinya, seharusnya Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau itu duduk bareng. Sering-seringlah berkoordinasi, ini penting untuk bisa mendapatkan bantuan keuangan," tutup Rois. (***)





Baca Juga Topik #Pekanbaru+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+