Personel Polres Meranti Nonton Bareng Pagelaran Wayang Kulit Wahyu Cakraningrat

Sabtu, 08 Juli 2023 - 22:49:14 WIB Cetak

MERANTI, WARTAPOROS.COM - Dalam rangka hari Bhayangkara Ke-77, Polres Kepulauan Meranti Polda Riau, Jumat (7/7/2023) malam, bertempat di ruang Vidcon Mapolres menggelar kegiatan nonton bareng pagelaran Wayang Kulit "Wahyu Cakraningrat".

Ikut dalam acara nonton bareng itu, Kabag Ops Kompol Yudi Setiawan SH MH, Kabag SDM Kompol Yuherman SPsi, perwakilan Kejari M Azmar M, Pengadilan Agama Khairul Huda, para PJU Polres, Ketua RW Desa Gogok Darusallam, Pecinta Wayang, dan personil Polres.

Kegiatan nobar wayang kulit dengan lakon Wahyu Cakraningrat dilaksanakan serentak dengan menyaksikan live di Chanel You Tube Divisi Humas Polri dari lapangan Bhayangka Mabes Polri dari pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 03.00 WIB.

Loading...

Acara ini juga dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, jajaran pejabat Polri dan TNI lainnya.

Pagelaran Wayang kulit Wahyu Cakraningrat ini salah satu rangkaian hari Bhayangkara ke-77 yang dilaksanakan di lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan Pagelaran Wayang Orang dengan lakon “Wahyu Cakraningrat” memiliki pesan moral dengan arti Wahyu Cakraningrat adalah wahyu ratu atau raja. Cakra adalah berputar, Ningrat adalah dunia dan diartikan Perubahan Kehidupan. Sehingga dapat diartikan disini perubahan kehidupan. Menggambarkan banyak masalah negara disebabkan krisis tatanan atau Sistem. Maka barang siapa yang bisa mendapatkan wahyu tersebut, maka akan ada Pemimpin yang Amanah dan menjalankan perubahan.

Adapun makna dalam cerita Pagelaran Wayang Kulit “Wahyu Cakraningrat” tersebut yakni agar dapat menjadi pesan moral untuk masyarakat agar lebih memahami, menghayati, serta mengamalkan makna-makna  yang terdapat dalam Pagelaran Wayang Kulit tersebut.

"Melalui nobar ini, kita dapat meningkatkan sinergitas Polri- TNI dengan aparatur pemerintahan dan instansi lainnya serta elemen masyarakat dalam pelaksanan tugas kedepannya," ungkap Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul, melalui Kabag Ops Kompol Yudi, Sabtu (8/7/2023) pagi.

Dikatakan Kabag Ops, bahwa Polri, khususnya Polres Kepulauan Meranti turut serta melestarikan budaya dengan mencintai salah satu budaya Jawa, yaitu Wayang Orang atau Wayang Wong.

"Semoga semakin mendekatkan Polri kepada masyarakat, terlebih pada momen hari Bhayangkara ke-77 dengan menjaga kelestarian budaya," ucapnya.

Untuk diketahui kegiatan nonton bareng pagelaran Wayang Kulit "Wahyu Cakraningrat" Juga dilaksanakan oleh Polsek Jajaran Polres Kepulauan Meranti.(nik)







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+