Batang Pasampan Berpotensi Jadi Sentra Bawang Merah di Solsel

Selasa, 30 Agustus 2022 - 06:49:39 WIB Cetak

Tanaman bawang merah di Batang Pasampan/ist.

SOLSEL, WARTAPOROS.COM- Solok Selatan (Solsel) memiliki potensi besar dalam bidang pertanian. Selain padi, negeri seribu rumah gadang ini sangat potensial untuk menjadi sentra bawang merah.

Hal ini didukung kondisi geografis serta kebiasaan masyarakat lokal bercocok tanam, sehingga dapat meningkatkan ekonomi dari sektor pertanian bukan padi.

Salah satunya Jorong Batang Pasampan, Nagari Pakan Rabaa Utara, kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD). Masyarakat disini mulai memanfaatkan lahan pertanian mereka (Sawah) dengan bercocok tanam bawang merah.

Loading...

" Sejak dua tahun terakhir saya sendiri mulai beralih (Menanam, red) bawang merah," ujar Eri Olmas, salah satu petani bawang merah di Batang Pasampan, Selasa (30/9).

Batang Pasampan, jelasnya, sangat berpotensi menjadi sentra bawang merah di Solsel. Potensi ini dilihat dari kualitas bawang merah dengan Colok (Warna, red) merah pekat. 

" Bawang merah di Batang Pasampan ini terkenal dengan Colok merah pekat," imbuhnya.

Maka dari itu, lanjutnya, hal itu merupakan peluang besar bagi Solsel untuk menjadi produksi bawang merah di Sumatera Barat selain Kabupaten Solok.

" Untuk itu, Kami (Petani Bawang merah, red) mengharapkan konsisten Pemkab Solsel dalam pengembangan bawang merah untuk mewujudkan ekonomi masyarakat sejahtera," pungkasnya. (v)





Baca Juga Topik #ekbis+
Business

Uni Eropa Gugat Indonesia ke WTO Soal Ini

Rabu, 27 November 2019
Business

Pengusaha Kondang Ciputra Tutup Usia

Rabu, 27 November 2019


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+