Pemerintah Sebut Datsun Berhenti Produksi Karena Kalah Saing

Rabu, 27 November 2019 - 11:56:05 WIB Cetak

Datsun.(foto: int)

WARTAPOROS.COM- Keputusan penghentian produksi Datsun pada Januari 2020 mendatang sudah disampaikan kepada Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Pemerintah menilai keputusan Datsun tersebut lumrah, karena persaingan bisnis otomotif di Tanah Air tergolong ketat.

Seperti diperkirakan sebelumnya, penyebab berhentinya aktivitas produksi kendaraan Datsun berkaitan dengan penjualan mobil keluarannya. Pada akhirnya, Nissan sebagai induk usaha mengalihkan fasilitas produksi tersebut untuk beralih merakit komponen mesin.

Secara spesifik, pengerjaan komponen mesin tersebut akan digunakan untuk model Nissan Livina. "Kalau hanya mengandalkan penjualan saja di Tanah Air, sudah tidak mungkin bertahan. Mesin dari Livina sendiri nantinya dibuat di dalam negeri karena sebelumnya impor," ujar Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Putu Juli Ardika.

Loading...

Pergeseran kegiatan industri dari merakit kendaraan Datsun menuju pengembangan dan manufaktur komponen dari Nissan, dianggap tidak akan berdampak negatif bagi pasar otomotif Indonesia. "Biasa saja dampaknya, bahkan dari Nissan sendiri masih berada di Indonesia tidak hengkang seperti produsen lain," ujar Putu menambahkan.

Proses produksi mobil merek Datsun sendiri berlangsung dalam fasilitas produksi Plan II Purwakarta. "Nissan sendiri sudah melaporkan keputusan ini kepada Saya melalui sambungan telepon. Namun, tidak ada rencana untuk bertemu langsung dalam waktu dekat," kata Putu lagi.

Sebelumnya pihak Nissan sudah memberikan keterangan terkait beredarnya kabar penghentian produksi Datsun ini. "Penyelarasan operasi bisnis dan organisasi menjadi rencana optimalisasi untuk memastikan pertumbuhan di masa depan," ujar Head of Communication Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani.

Terkait pelayanan secara keseluruhan, Hana menyebut penghentian produksi Datsun tida membuat Nissan lepas tangan. "Berkomitmen dengan pasar dan pelanggan di Tanah Air masih akan terus Nissan lakukan ke depannya," ujar Hana saat dihubungi oleh Okezone Otomotif.***





Baca Juga Topik #ekbis+
Business

Uni Eropa Gugat Indonesia ke WTO Soal Ini

Rabu, 27 November 2019
Business

Pengusaha Kondang Ciputra Tutup Usia

Rabu, 27 November 2019


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+
Otomotif

Valentino Rossi Enggan Satu Tim dengan Lorenzo

Rabu, 12 Februari 2020
Otomotif

Suzuki Luncurkan Motor Bebek Rasa Trail

Jumat, 21 Februari 2020