Masjid Tua

Al-Ihsan, Masjid Tertua dan Ikon Salah Satu Desa Di Kampar

Rabu, 13 April 2022 - 18:57:45 WIB Cetak

Masjid Al-Ihsan Desa Pulau Terap

Kampar, Wartaporos.com - Pulau terap merupakan salah satu desa yang ada di kampar, desa ini terletak di pinggiran sungai Kampar kecamatan kuok Kabupaten Kampar, 14 tahun yang lalu desa ini merupakan pemekaran dari desa Merangin. (13/04)

Jalan-jalan kedesa pulau terap tentu tak asing bagi kita selain udara yang segar tentunya salah satu masjid di pinggir jalan lintas desa tersebut menarik perhatian kita, ya, masjid itu merupakan masjid Al-Ihsan itu namanya lokasi masjid ini terletak tepat di samping kantor desa pulau terap. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh tim wartaporos.com masjid ini dibangun pada tahun 1905-M yang awal pembangunannya berbentuk panggung sama persis dengan bentuk masjid Jami' air tiris dengan tidak menggunakan paku, namun dengan bertambahnya penduduk masjid ini direnovasi yang mana arsiteknya didatangkan dari Singapura dan cina. 

Loading...

Bahan semennyapun langsung dikirim dari Singapura, meski didatangkan arsiteknya dari Singapura dan China namun masjid ini tetap mengedepankan nilai historisnya yang mana di renovasi kala itu hanya di ganti lantainya saja dengan cara di cor namun dinding dan lainnya tetap menunjukkan khas awal masjid itu sendiri. 

Selaku tokoh masyarakat yang menghabiskan harinya-harinya di masjid ini pada usia kecilnya dulu bercerita "pembangunan masjid ini pada awalnya tidak menggunakan paku melainkan hanya di pasak, dan sampai sekarang telah beberapa kali di renovasi namun kita tetap mempertahankan keaslian masjid ini", ujarnya kepada wartaporos.com. 

Dari salah satu sisi masjid kita dapat melihat angka yang menunjukkan 15 SAFAR 1359-H yang merupakan tahun direnovasinya masjid tersebut. 

Selain itu, keaslian masjid ini dapat kita lihat dari bentuk dinding kayunya serta ukiran lainnya hingga mimbarnya masih asli dengan ukiran khasnya. (Pjr) 

 

 





Baca Juga Topik #wisata+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+