China Klaim Matahari Buatan 10 Kali Lebih Panas

Rabu, 09 Desember 2020 - 16:45:05 WIB Cetak

Foto ( int)

WARTAPOROS.COM-
China akhirnya berhasil merakit "Matahari" buatan yang menggunakan reaktor fusi nuklir  dan telah menyala untuk pertama kalinya.

Hal ini, menurut laporan media lokal negara People's Daily yang dikutip dari laman Phsy.org pada Selasa (8/12/2020), menjadi tonggak bersejarah terkait kemampuan penelitian China di bidang nuklir.

Reaktor yang digunakan untuk menyalakan matahari buatan China ini adalah HL-2M Tokamak. Ia merupakan perangkat penelitian eksperimental fusi nuklir terbesar dan tercanggih di negara tersebut.

Loading...

Para ilmuwan setempat berharap perangkat tersebut berpotensi membuka sumber energi bersih yang kuat.

Pada praktiknya, reaktor untuk matahari buatan China itu memanfaatkan medan magnet yang kuat untuk memadukan plasma panas. 

Reaktor yang terletak di barat daya Sichuan itu disebut matahari buatan China karena panas dan tenaga yang dihasilkan dari reaktor itu sangat besar.

Disebutkan bahwa panas yang dihasilkan lebih dari 150 juta derajat Celcius. Suhu itu kurang lebih sepuluh kali lebih panas dari inti matahari.

"Pengembangan energi fusi nuklir tidak hanya sebagai cara untuk menyelesaikan kebutuhan energi strategis China, tetapi juga memiliki signifikansi besar untuk pengembangan energi dan ekonomi nasional China yang berkelanjutan di masa depan," kata People's Daily.

Di masa depan, China berencana untuk bekerja sama dengan para ilmuwan yang mengerjakan proyek penelitian bertajuk "International Thermonuclear Experimental Reactor".

Proyek ambisius ini berbasis di Prancis dan diharapkan akan rampung pada tahun 2025. (tp/*)





Baca Juga Topik #internasional+
Business

Donald Trump Berkunjung Mendadak ke Afghanistan

Sabtu, 30 November 2019
Business

Arab Saudi Mengambil Alih Presidensi G20 2020

Senin, 02 Desember 2019
Business

TikTok Digugat dengan Tuduhan Bocorkan Data ke China

Selasa, 03 Desember 2019


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+
Teknologi

Tiru Finlandia, RI akan Populerkan Keahlian Koding

Selasa, 26 November 2019
Teknologi

Punya Tiga Kamera, Ini Spesifikasi Advan G5

Kamis, 14 Mei 2020