Unik! Warga Desa Katapang Gelar Upacara Terapung

Senin, 17 Agustus 2020 - 19:52:55 WIB Cetak

Warga Desa Katapang, Lebak-Banten. Mereka kibarkan Sang Saka Merah Putih dari atas Rakit/Istimewa.

LEBAK,WARTAPOROS.COM_
Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 diperingati seluruh masyarakat Indonesia hari ini, Senin (17 Agustus 2020).  

Beragam acara digelar untuk memperingati jasa para pahlawan yang telah membuat Indonesia merdeka. Salah satunya yang menjadi khas peringatan itu adalah dengan upacara bendera. 

Upacara peringatan kemerdekaan ini biasanya berlangsung pada sebuah lapangan yang luas. Namun berbeda dengan warga Desa Katapang, Lebak-Banten.

Loading...

Mereka mengibarkan Sang Saka Merah Putih dari atas Rakit (Perahu Apung). Semua proses  upacara dilaksanakan secara terapung di tengah Situ Bendungan Cikoncang.

Upacara HUT RI ke-75 itu dipimpin oleh Kepala Desa Katapang, Emed kurniawan S.IP. selaku Inspektur Upacara (Irup). Dalam pidatonya, Emed berpesan kepada warganya agar senantiasa merawat keutuhan NKRI.

" Pada momentum Kemerdekaan ini mari kita pupuk dan jaga rasa gotong royong di  Desa Katapang, sehingga kita bisa merasakan kembali makna perjuangan dan kemerdekaan," ujar Emed.

Dikatakan Emed, hari ini kita telah merasakan hasil daripada perjuangan para leluhur yang telah mempertaruhkan nyawa demi kemerdekaan Indonesia. " Maka dari itu, marilah kita bersama sama merawat dan menjaga keutuhan NKRI ini," pintanya.

Sementara itu, Setiawan S.E, Direktur BUMDes Bumi Nunggal Cikoncang, berharap peringatan HUT RI di tengah pandemi covid-19 dapat menumbuhkan rasa nasionalisme ditengah masyarakat.

" Mudah-mudahan covid-19 cepat berlalu, sehingga peserta upacara tidak kita batasi seperti saat ini hanya berjumlah 50 orang saja," harapnya.

Disisi lain, Setiawan berharap dengan adanya upacara terapung di Bendungan Cikoncang dapat meningkatkan daya tarik pengunjung kedepannya.

" Ini akan menjadi daya tarik tersendiri dalam promosi wisata, terutama minat pengunjung setiap tanggal 17 Agustus di Wisata Bendungan Cikoncang," pungkas Setiawan, yang juga penggagas kegiatan upaca terapung.

Pantauan Wartaporos.com, upacara HUT Kemerdekaan itu  diikuti berbagai unsur, yakni  Pejabat Pemerintah Desa Katapang, Kelompok Sadar Wisata, Petani, Pedagang dan Tokoh Masyarakat Desa Katapang. 

Tetap menerapkan protokol kesehatan, upacara dimulai pada pukul 8.00 WIB hingga pukul 09.45 WIB dan berjalan lancar dengan penuh khidmat.(Hd)





Baca Juga Topik #serba serbi+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+