Mahasiswa Peduli Terhadap Buruh, FSPMI Riau Bentuk FSPMB

Jumat, 14 Agustus 2020 - 11:34:20 WIB Cetak

WARTAPOROS.COM-Dewan Pimpinan Wilayah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (DPW FSMPI) Provinsi Riau bentuk ke pengurusan Pimpinan Pusat Forum Solidaritas dan Peduli Mahasiswa terhadap Buruh (PP FSPMB) di Provinsi Riau.

Dalam kegiatan pembentukan PP FSPMB itu dihadiri ketua DPW FSMPI Provinsi Riau, Satria Putra, Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) DPW FSPMI Riau, Maulana Syafi'i SHi, dan ketua terpilih PP FSPMB Riau, Tauhid Marifatullah S.Ip. Selain itu, hadir wakil ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pelalawan, H Abdullah S.Pd dan belasan mahasiswa yang tergabung di PP FSPMB.

"Secara pribadi dan kelembagaan, saya memberikan support dan dukungan tinggi, dengan terciptanya afiliasi antara mahasiswa di Provinsi Riau yang bergabung dalam wadah FSPMB, dengan pengurus DPW FSPMI Provinsi Riau," kata H Abdullah S.Pd, Jumat (14/8/2020) kepada media ini.

"Patut dipahami mahasiswa sebagai Agent Of Change dan sosial kontrol di tengah masyarakat. Tentunya, dengan terbentuknya Forum Solidaritas dan Peduli Mahasiswa terhadap Buruh (FSPMB) akan mampu menjawab berbagai dinamika dan persoalan sosial kemasyarakatan yang terjadi di Provinsi Riau khususnya di bidang ketenagakerjaan," sambungnya.

Disisi lain, Ketua DPW FSPMI Riau, Satria Putra mengatakan, pertemuan pihaknya dengan kalangan akademisi kampus guna membahas kasus-kasus perburuhan dan kasus-kasus persoalan sosial kemasyarakatan lainnya yang terjadi di tengah masyarakat.

"Eksistensi dan gerakan moral dari kalangan mahasiswa di Provinsi Riau, khususnya kawan-kawan mahasiswa yang ada di Kabupaten Pelalawan tentunya sangat dinantikan masyarakat, dalam upaya menegakkan aturan-aturan hukum yang sejatinya harus ditegakkan. Tentu saja, tujuannya untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang demokratis dan berkeadilan sesuai amanat Proklamasi 17 Agustus 1945 dan UUD 1945, serta menjalankan amanat falsafah Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia," terangnya.

Sementara itu, Ketua PP FSPMB Provinsi Riau, Tauhid Ma'rifatullah S.IP menjelaskan visi dan misinya ingin berafiliasi ke FSPMI. " Kami ingin mewujudkan pergerakan kepedulian terhadap buruh dalam memperjuangkan kesejahteraan. Dengan merangkul seluruh lapisan mahasiswa untuk turut peduli terhadap hak buruh. Juga bertujuan membangun solidaritas mahasiswa dan buruh tujuan memperjuangkan hak dan kesejahteraan bagi buruh, serta menjawab kondisi sosial kemasyarakatan yang terjadi" ucapnya.

Dengan terbentuknya FSPMB di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Pelalawan, sebagai salah satu bentuk koordinasi antara kaum buruh dan mahasiswa yang diharapkan agar dapat saling bersinergi serta tidak hanya mencakup persoalan buruh saja, juga termasuk beragam persoalan kehidupan masyarakat luas.**







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+
Nasional

Hasil SKD CPNS Diumumkan Pertengahan Maret

Ahad, 23 Februari 2020
Nasional

Kodim 0313/KPR Kumpulkan Jurnalis Tiga Daerah

Senin, 24 Januari 2022