Gula Merah dari Sawit, Yusri SH Apresiasi Terobosan Pak Riadi

Jumat, 07 Agustus 2020 - 14:13:37 WIB Cetak

Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, Yusri SH saat meninjau lokasi pembuatan gula merah dari Kelapa Sawit.

WARTAPOROS.COM-Kelapa sawit biasanya digunakan menjadi minyak dan produk turunan lain yang banyak dipakai sehari-hari. Namun, siapa sangka batang kelapa sawit yang telah dirobohkan atau ditebang ternyata bisa menghasilkan produk lain bernilai ekonomi tinggi.

Hal ini ditunjukan oleh Pak Riadi warga Desa Silikuan Hulu, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau dengan memanfaatkan batang kelapa sawit di produksi menjadi gula merah.

Kegiatan ekonomi kreatif itu, mendapat kujungan anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, Yusri SH, Jumat (7/8/2020) ke lokasi pembuatan gula merah dari batang sawit.

"Kita mengapresiasi terobosan pembuatan gula merah yang di motori oleh Pak Riadi warga Desa Selikuan Hulu," kata anggota Komisi II DPRD Pelalawan saat melakukan kunjungan.

Sambung Yusri, selama ini masyarakat hanya tahu menfaatkan buah kelapa sawit dan belum banyak paham jika batang kelapa sawit itu ternyata bisa dijadikan gula merah.

"Ini terobosan yang sangat baik dalam meningkatkan nilai ekonomi masyarakat, disaat masyarakat sedang mengalami kesusahan ekonomi akibat Covid-19," ujar Alumni Unpas Bandung ini.

Pada kesempatan itu, Yusri melihat langsung cara pengelolaan penyadapan air kelapa sawit. Dalam sebulan Pak Riadi berhasil memproduksi gula merah dari batang sawit sebanyak 500 Kg. Bahkan Yusri berkesempatan mencicipi gula merah kelapa sawit yang rasanya tak jauh bedah dengan gula aren.**





Baca Juga Topik #kombis+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+