Panen bersama

Kampar Kekurangan 47.876 Ton Beras per Tahun

Rabu, 22 Juli 2020 - 14:35:20 WIB Cetak

Kampar, wartaporos.com- Bupati Kampar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si yang juga ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Kampar Lakukan Panen Bersama Deplot Pendampingan Pengembangan Kawasan Padi Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau Badan Penelitian dan pengembangan Pertanian  Kementerian Pertanian. (22/7)

Sekda Kampar dalam sambutannya mengatakan Kabupaten  Kampar  Tahun  2020  ditergetksan tanam  padi  seluas  8.003 Ha dengan  produktifitas 5,18 Ton/Ha dengan total produksi 37.245 ton gabah kering  giling atau  setara  dengan  25.778 ton  beras jumlah  penduduk  750.808  Jiwa maka  kebutuhan beras kita 73.654 Ton dengan demikian kekurangan beras sebesar 47.876 Ton atau 60%.

“Untuk  pengembangan  kawasan  padi  di Kabupaten  Kampar, Pemerintah Daerah bekerjasama  dengan  Provinsi Riau  akan membangun Cluster Kampar  untuk peningkatan  produktivitas dari  5  ton  menjadi  7,5  ton dan ini perlu juga pendampingan dari BPTP.”harap Yusri

Loading...

Sekda Kampar juga menjelaskan untuk  bisa  meningkatkan  produksi padi kedepan diharapkan Pemerintah Provinsi  Riau  melalui  Dinas  Pangan,  Tanaman Pangan  dan  Hortikultura Provinsi  Riau dan BPTP Provinsi Riau dapat membangun  Cluster  Kampar peningkatan Indek Pertanaman (IP)  dari  100  menjadi  200,  sehingga akan  didapatkan  tambahan  produksi  sebesar  5.000 ton permusim tanam.

Selain itu juga Sekda Kampar mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak menjual tanah, ladang, sawah dan kebun serta jangan digantikan fungsi ladang menjadi rumah. 

“kepada masyakat petani saya menghimbau dan mengingatkan untuk tidak menjual tanah, ladang, sawah dan kebun, ini wajib kita pertahankan serta jangan digantikan fungsi ladang menjadi rumah.”tegas Yusri

Selalu Ketua KTNA Kabupaten Kampar mempunyai tugas agar bagaimana petani Kampar besok menanam kemudian panen, tanam lagi panen lagi, untuk itu bersama-sama kita dukung agar lahan tetap ada, baik itu perkebunan, pertanian, palawija semua di gesa dan ini akan didukung dinas terkait.

“Banyak program untuk petani dari Pemerintah untuk itu kita berterima kasih kepada BPTP dan Dinas Pangan Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau sebagai pendampingan menanam padi kita hingga hasil panen mencapai 5 (lima) kali dalam setahun.

Terkait dengan wabah Covid-19 Sekda Kampar juga menyampaikan kepada masyarakat petani agar selalu memakai masker agar terlindungi dari wabah Covid-19.

Hadir Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau Tengku Ridwan Fazli,  Kepala BPTP Provinsi Riau Dr Salwati SP,M.Si, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kampar H Buatan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Ir Cokroaminoto, Camat Kuok Darusman, Kades Empat Balai dan unsur pimpinan Kecamatan Kuok serta masyarakat tani Desa Empat Balai. (Eks/Pjr) 





Baca Juga Topik #riau+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+