1 Pembalap MotoGP Bisa Habiskan Rp21,9 Miliar Hanya untuk Mesin

Ahad, 21 Juni 2020 - 11:58:30 WIB Cetak

Ilustrasi/Net.

WARTAPOROS.COM - Sekali lagi data membuktikan MotoGP merupakan event motorsport yang membutuhkan kocek dalam. Kali ini adalah soal harga mesin.


Tentu saja mesin merupakan aspek terpenting dalam sebuah ajang motorsport. Tidak heran, entah itu di MotoGP atau event lain seperti Formula 1, mesin merupakan komponen termahal.

MotoGP sendiri menggunakan mesin 4-tak dengan kapasitas mesin tidak boleh lebih dari 1000cc. Mengutip dari situs Intentsgp, harga satu mesin motor MotoGP mencapai 220 ribu dolar AS atau sekitar Rp 3,1 miliar.

Loading...

Untuk diketahui, regulasi menulis, setiap pembalap di MotoGP 2020 hanya mendapat alokasi tujuh mesin setiap tahunnya. Artinya dalam satu tahun, seorang pembalap MotoGP bisa menghabiskan Rp 21,9 miliar hanya untuk mesin!

Oleh karena itulah, seorang pembalap dituntut untuk menjaga betul performa mesin. Jangan sampai mesin gampang rusak atau sering kecelakaan, sehingga membuat pemilik tim pusing.

Harga Motor

Jika harga satu mesin motor MotoGP saja mencapai angka Rp 3,1 miliar. Bagaimana dengan harga motor MotoGP sendiri?

Sebelum menjawab pertanyaan ini harus diketahui terlebih dahulu, bahwa motor MotoGP adalah motor prototipe dan dibuat khusus untuk balap.

Motor ini ilegal mengaspal di jalanan. Meski banyak pabrikan berlomba-lomba memproduksi secara massal motor yang mirip kuda besi MotoGP dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Menurut situs Intentsgp, jika dinilai, harga satu motor MotoGP menyentuh angka 2 juta dolar AS atau sekitar Rp 28,4 miliar. Jadi masih tertarik memilikinya?

Sumber: Intentsgp





Baca Juga Topik #motoGP+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+