Kapolda Riau Gelar Bakti Sosial Dalam Rangka Menggerakan Ekonomi dan Ketahanan Pangan

Sabtu, 16 Mei 2020 - 11:20:55 WIB Cetak

Kapolda Riau Bersama Bupati Pelalawan secara simbolis melepas bibit ikan dalam menggerakan ekonomi masyarakat pada masa covid-19.

WARTAPOROS.COM--Kapolda Polda Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi SIK, SH, MSi secara resmi membuka gerak bakti sosial serentak polri peduli Covid-19, Jumat (15/5/2020) dipusatkan di ibu kota Kabupaten Pelalawan, Riau.

Selain itu, Kapolda Riau juga melepas tim penyalur bantuan sembako yang terdiri dari 47 petugas Bhabinkamtibmas, 14 petugas Babinsa dan 93 orang dari Becak motor dengan jumlah 650 paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Tentunya pendistribusian sembako tetap mengikuti protokol kesehatan dan penerapan physical distancing sehingga pemberian bantuan kepada masyarakat dilakukan secara door to door untuk menghindari kerumunan.

Selanjut Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi didampingi Danrem 031 Wirabima Kolonel Inf. Mohammad Syech Ismed SE, M. Han, dan Bupati Pelalawan serta kelompok tani menuju ke areal kolam dan melepas bibit ikan, dan dilanjutkan menuju kelahan pertanian seluas 13 Ha yang disiapkan untuk kegiatan bhakti sosial ketahanan pangan dengan memberikan bantuan bibit tanaman dan peralatan pertanian kepada 6 kelompok tani di Pelalawan.

Disamping itu juga diberikan bantuan Alat Pertanian berupa Mulsa Plastik sebanyak 37 Rol, Polibet 10 Kg, Cangkul 30 Buah dan Parang 30 Buah, pupuk yang terdiri dari Pupuk NPK 25 Kg, Pupuk Kandang 500 Sak, Pupuk Dolomit 2.000 Kh, Pupuk TSP 58 Sak, Pupuk Urea 3 Sak, Pupuk KCL : 10 Sak, Herbisida 1 Paket, Insektisida 1 Paket, Pestisida 1 Paket.

Sedang bantuan bibit Ikan Nila sebanyak 20.000 Ekor, Ikan Patin 1.000 Ekor, Ikan Lele 1.000 Ekor, Ikan Lele Ember 100 Ember untuk budidaya ikan dalam ember (bidukdamber) serta Pakan Ikan 2.190 Kg, Tali Nilon 60 Meter, Jaringan Keramba 5 Unit. Dan kepada masyarakat perorangan turut dibagikan bantuan Perikanan berupa Ember untuk memelihara ikan 100 buah dan Bibit Lele sebanyak 7.500 Ekor.

Irjen Agung mengatakan, pada pagi ini kita bersama-sama melepas bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19. Kita harapkan, Pelalawan sebagai salah satu kabupaten yang menerapkan PSBB bisa menanggani Covid-19 ini dengan sebaik-baiknya, termasuk dampak sosialnya.

"Dan kita harapkan dengan bantuan sosial ini, yang dibawa oleh petugas Babinsa, petugas Bhabinkamtibmas, dan para Bentor akan mengantar sampai ke alamat, tentunya dengan harapan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Pelalawan ini dengan sebaik-baiknya," ucap Agung.

Lanjut Irjen Agung menyampaikan kepada media bahwa kegiatan tersebut tidak hanya sekali saja, tapi secara bersama akan datang lagi ketempat pertanian tersebut saat melakukan panen dari hasil penanaman bersama hari ini.

“Kita akan kembali lagi kesini bersama sama, saatnya nanti kita lakukan panen, kegiatan ini kita lakukan sebagai upaya menggerakkan masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri ditengah merebaknya covid19 ini, masyarakat kita harus mampu bertahan dengan menggerakkan ekonomi kerakyatan untuk mendukung ketahanan pangan selama masa pandemi Covid-19," tutupnya.**







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+