Amien Rais: Pahlawan Gugur Sebagai Bunga Bangsa, Jokowi Pensiun Meninggalkan Hutang Bagi Anak Bangsa

Rabu, 08 April 2020 - 11:55:41 WIB Cetak

Mantan Ketua MPR, Amien Rais/Net.

WARTAPOROS.COM--Mantan Ketua MPR, Amien Rais kembali melontarkan kritik keras kepada pemerintah Jokowi yang menerbitkan surat utang dengan tenor terlama sepanjang sejarah Indonesia, yakni 50 tahun.

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyebut Presiden Jokowi akan pensiun dengan meninggalkan utang bagi anak bangsa.

“Pahlawan gugur sbg bunga bangsa, @jokowi pensiun meninggalkan bunga hutang bgi anak bangsa,” kata Amien Rais melalui akun Twitternya, @Aminn_Rais, Selasa (8/4).

Loading...

Menurut Amien, lembaga-lembaga rating seperti Moody’s, Standard & Poor’s akan terus memberi pemeringkatan yang bagus secara investment grade agar Indonesia digiring ke debt trup.

Debt trap merupakan istilah dalam akuntansi keuangan yang menggambarkan suatu kondisi anggara di mana upaya untuk memperoleh pinjaman atau utang digunakan justru untuk menutup pembayaran utang.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia menerbitkan surat utang dengan denominasi dolar.

Ada 3 jenis surat utang yang diterbitkan pemerintah Indonesia dengan tenor terpanjang, yakni selama 50 tahun. Nilainya mencapai US$ 4,3 miliar atau Rp 68,6 triliun (kurs Rp 16.000).

“Ini adalah penerbitan terbesar dalam US bond dalam sejarah RI. Dan Indonesia juga jadi negara pertama yang menerbitkan sovereign bond sejak pandemic covid-19 terjadi,” kata Sri Mulyani, Selasa (7/4/2020).

Penerbitan tenor 50 tahun ini, sambung Sri Mulyani menjadi yang pertama kali juga di Indonesia dengan tenor terpanjang.

“Ini menunjukkan kepercayaan investor dari pengelolaan keuangan negara. Kita memanfaatkan 50 tahun dari preferensi tenor bond jangka panjang cukup kuat,” tambah Sri Mulyani.***





Baca Juga Topik #nasional+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+