Pulang Bainduok

Bupati Kampar Resmi Bainduok ke Persukuan Domo

Jumat, 31 Januari 2020 - 20:28:17 WIB Cetak

Pemasangan Songket : Ninik mamak persukuan saat memasangkan songket kepada bupati kampar dibalai adat persukuan domo. (30/01)

TAPUNG, WARTAPOROS.COM - H. Catur Sugeng Susanto resmi pulang Bainduok ke  Persukuan Domo yang masuk dalam keluarga besar H. Abdul Malik Ja'far dan Syamsiah di desa Petapahan Kecamatan Tapung di dampingi oleh H. Muslimawati Catur yang ditandai dengan pemasangan songket (Sasampiong) oleh Datuok Majo Indo kepada bupati kampar H. Catur Sugeng Susanto S.H. (31/01)

Bupati Kampar mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kegiatan yang memang tidak disangka, serta pertemuan ini sampai akhirnya masuk dalam keluarga besar H. Abdul Malik Ja'far dan Syamsiah di Persukuan Domo ini.

"Saya mohon tunjuk ajar jika dalam kehidupan terjadi kesalahan, maklum dengan kesibukan sehari-hari dalam menjalani aktifitas sehari sebagai Bupati Kampar", Ucap beliau.

"Ini adalah dalam rangka menjalin silaturrahmi, sehingga terjadi keselarasan, keserasian dalam kehidupan kita sehari-hari dalam negeri yang beradat dan religius ini", Tambah Catur sembari memperkanalkan tiga orang anaknya dengan isteri muslimawati catur.

Pengakuan atas Bainduok Catur Sugeng Susanto  ini ditandai dengan rapatnya perangkat persukuan domo yang dipimpin langsung oleh H. Khaidir Datuok Majo indo yang  mengawali prosesi penerimaan Catur Sugeng pulang Bainduok.

"seminggu yang lalu datang ke kami Catur Sugeng Susanto yang menyatakan keinginannya yang tulus dan ikhlas untuk berinduk dengan persukuan Domo, kami selaku ninik mamak melakukan pertemuan di Persukuan Domo dan alhamdulillah seluruh perangkat dengan hati yang gembira dan hati yqng lapang serta muka yang jernih dapat menerima keinginan tersebut",  Kata Khaidir Datuok Majo Indo.

Setelah dilakukan rapat dengan perangkat adat di persukuan domo, kehadiran Catur Sugeng Susanto juga diterima dengan baik oleh para Ninik mamak dan persukuan yang ada di Kenegarian Petapahan yakni Suku Kampai H. Adnan datuok Tanaro, Somi Datuok setia pahlawan, Kemankan suku Piliang Yusran  datuok Suro di Rajo, imam Masjid Siad Muslim, Ketua MKA LAKTA H. Zulfahmi, SH Datuok Mangkuto dan perangkat desa Said Aidil Usman.

Kemudian Prosesi selanjutnya Bupati Kampar melakukan ramah tamah dengan Ninik mamak dan keluarga baru Catur Sugeng Susanto, sebelum dilakukan pengukuhan Bupati Kampar Menuju masjid Al- Ghufron melaksanakan shalat Jum'at yang kemudian diarak menuju Rumah Godang/Rumah Adat diiringi Dikiu Gubano dan disambung silat serta di kukuhkan dan persemian yang di Bendangkan ke langit dan di serakkan ke bumi.

Datuok Pucuok Majo indo H. Khaidir pada sambutannya menyampaikan,"bulek kato dek mufakat, kok bulek la bisa digolek, kok Picak bisa dilayangkan yang akan dibendangkan ke langit dan seghakkan ka bumi di Balai adat Kenegerian Petapahan, alhamdulillah Pada hari ini Catur Sugeng telah resmi berinduk ke Persukuan Domo Kenegaraan Patapahan," Ucap Kata Khaidir setelah bupati kampar dikukuhkan.

Peresmian ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kampar H. Muslimawati Catur, Sekda Kampar Drs  H  Yusri. M si, anggota DPRD Kampar, Forkopimda Kampar, Ketua LAKTA Kampar Safaat, Seluruh Ninik mamak Kenegarian Patepahan, Tokoh masyarakat, kepala OPD dilingkungan Pemkab Kampar, Camat Tapung Irwansyah, Seluruh kepala Desa di Kecamatan Tapung, ratusan anak kemanakan persukuan domo petapahan. (Pjr)





Baca Juga Topik #riau+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+