Sebanyak 45 Calon Jamaah Haji Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di Pukesmas Ceria Bunut

Selasa, 28 Januari 2020 - 14:12:41 WIB Cetak

Sebanyak 45 CJH Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di BLUD Pukesmas Ceria Bunut

WARTAPOROS.COM-Sebanyak 45 Calon Jamaah Haji (CJH) Kecamatan Bunut melakukan pemeriksaan kesehatan, Selasa ( 27/1/2020) di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas Ceria Bunut, Kelurahan Bunut, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Pantauan wartaporos.com dilapangan, Petugas Pemeriksaan Kesehatan Jamaah Haji Blud Puskesmas Ceria Bunut, Bela Setiawan S.Kep menyebutkan sebanyak 45 CJH melakukan rangkaian kegiatan pemeriksaan jamaah haji mulai dari senam sehat, tes kebugaran (lari) dan penyuluhan prolanis.

"Sebelum diberangkatkan CJH harus dipersiapkan kesehatannya dan melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini merupakan salah satu syarat penting sebelum melakukan perjalanan haji ketanah suci. Saat ini kita sudah melakukan rangkaian kegiatan seperti memberikan sosialisasi tentang kesehatan, senam sehat, tes kebugaran (lari) dan penyuluhan prolanis, namun saat pemeriksaan berlangsung belum ada CJH yang punya penyakit berbahaya" ujarnya.

Sambung Bela, dirinya menghimbau kepada seluruh CJH agar selalu memperhatikan kesehatan sebelum berangkat ketanah suci mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Tetunya, guna mencapai kondisi istitha'ah diperlukan kesehatan yang terukur dan terukur melalui pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jemaah haji.

Dalam Permenkes No. 15 Tahun 2016 yaitu, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pertama kali terhadap calon jamaah haji yang masuk dalam daftar Masa Tunggu (minimal 2 tahun yang diminta), saat pemeriksaan kesehatan kedua dilakukan kepada calon Jemaah Haji yang akan berangkat tahun berjalan.(Endra)





Baca Juga Topik #kesehatan+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+