Nagari Pakan Rabaa Timur Akan Menjadi Prioritas Penanggan Banjir Bandang Ucap Wamen PUPR

Kamis, 02 Januari 2020 - 21:13:17 WIB Cetak

Teks Photo Wamen PUPR saat berada dilokasi pasca banjir bandang di jorong Sapan Salak.Wamen PUPR menggali informasi pasca banjir dari Wali Nagari Pakan Rabaa Timur.Nasril.ABG

SOLSEL,WP.COM--- Nagari Pakan Rabaa Timur,mendapat kunjungan dari Wamen PUPR John Wempi,rombongan langsung dinanti oleh Wali Nagari Nasril dan ratusan masyarakat.

Kementerian PUPR yang tiba pukul 14.00 Wib di Solsel bersama rombongan itu langsung menuju Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, kemudian meninjau jembatan sungai pangkua yang putus akibat diterjang banjir bandang yang kini telah selesai dibangun jembatan permanen bersifat darurat 

Selain itu, Wamen mengunjungi Kampuang Tarandam, Kawasan Saribu Rumah Gadang yang sudah tender pelaksanaan refitalisasi untuk 33 unit rumah gadang di kampung adat terpopuler di Indonesia itu. 

Loading...

Dan terakhir berkunjung ke lokasi bencana alam di Liki Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir.

"Kita butuh data yang valid dari pemkab Solsel secepatnya, untuk perbaikan kerusakan infratruktur. Baik jembatan, rumah warga dan lainnya di Solsel," kata Wamen PUPR John Wempi kepada wartawan Kamis (2/1) di Mualabuah.

Kunjungan perdana Wamen PUPR itu, dalam kondisi Jakarta sedang darurat banjir. Meskipun begitu, komitmennya untuk mengunjungi Kabupaten Solok Selatan sesuai permintaan Gubernur Sumbar dan Bupati Solsel ketika berkunjung ke Kementerian PUPR 30 Desember 2019.

"Jakarta juga banjir, namun saya harus ke Solsel. Masyarakat Solsel butuh perhatian pusat, makanya saya datang untuk melihat dan siap mempeejuangkan anggarannya," ujarnya.

Meski hari ini libur, lanjut John Wempi, demi masyarakat dan pembangunan daerah yang telah porak poranda diterjang belanja banjir dan galodo.

Wamen mengatakan harus menjalankan tugas sesuai amanah yang diberikan negara.

Dilanjutkan Wamen, kehadiran hari ini bagaimana progres penanganan pembangunan infrastruktur yang mengalami kerusakan pasca bencana banjir bandang dan galodo di Solsel.

"Bupati harus cepat bergerak, kami butuh data dan dokumen, dengan itu kami bisa perjuangkan anggaran untuk Solsel," ucapnya.

Seperti di tiga Kenagarian di Kecamatan Sangir Batang Hari, Wamen PUPR menjelaskan, siap menganggarkan alokasi dana pembangunan jembatan permanen di daerah sulit tersebut dan berada di seberang sungai batang hari. 

"Jika datanya siap dan dokumennya lengkap di serahkan ke Kementerian PUPR dalam waktu dekat, kita siap memperjuangkannya demi pemerataan pembangunan di daerah pinggiran," bebernya

Sementara, Bupati Solok Selatan, Muzni Zakari mengatakan, Kata Wamen PUPR, harus di data secara ril dan valid untuk disampaikan ke Kementerian dalam beberapa hari setelah kunjungan beliau.

"Harapan pak Wamen, mana dampak bencana yang tidak sanggup ditanganu lewat APBD Solsel. Kementerian PUPR siap kuncurkan anggaran untuk membenahinya," sebutnya.

Untuk penanganan jembatan darurat di sungai pangkua itu, butuh 16 kerja. Untuk penyediaan akses jembatan penghubung bagi masyarakat.

"Pak Wamen mewanti-wanti kita, perlu hitung cepat mana yang akan diusulkan pembangunan ke Kementerian," paparnya.ABG







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+