Manfaat Jamur Tiram yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Ahad, 29 September 2019 - 23:18:12 WIB Cetak

WARTAPOROS.COM--Jamur tiram putih adalah salah satu tanaman yang diolah ke berbagai sajian makanan dan banyak digemari oleh masyarakat. Manfaat yang terkadung pada jamur tiram sangat baik untuk kesehatan.

Jamur tiram atau bahasa lainnya adalah pleurotus ostreatus, merupakan salah satu jamur pangan dari kelompok basidiomycota dan termasuk kelas homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem. Kemudian ciri-ciri lainnya adalah tundung dari jamur ini berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

Jamur tiram masih satu kerabat dengan pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom. Jamur tiram bisa ditemui di alam bebas bahkan sepanjang tahun di hutan dan pegunungan daerah yang sejuk.

Di Indonesia banyak sekali yang sudah membudidayakan jamur tiram karena caranya yang cukup mudah. Namun beberapa syarat penting harus diperhatikan seperti substrat yang digunakan, bibit yang digunakan, suasana atau keadaan tempat untuk membudidayakan, dan faktor ketinggian. Biasanya jamur tiram dibudidaya menggunakan serbuk kayu yang dikemas dalam kantung plastik.

Banyak orang yang membudidayakan jamur tiram selain karena mudah, jamur tiram juga banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena ketika diolah rasanya enak. Selain itu jamur tiram juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat jamur tiram untuk tubuh yang sudah wartaporos.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (29/9/2019).

1. Sebuah peneletian yang dimuat dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menunjukkan bahwa jamur tiram berpotensi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia.

Bahan aktif yang terdapat dalam jamur tiram dapat merangsang makrofrag untuk bekerja lebih aktif. Makrofrag adalah salah satu bagian dari sel darah putih yang betugas untuk melawan virus, bakteri, dan mikroorganisme yang ada di dalam tubuh.

2. Manfaat jamur tiram selanjutnya adalah mampu menangkal radikal bebas. Jamur tiram dipercaya mengandung antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas.

Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa memicu berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan jantung dan kanker. Kemudian, antioksidan juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas dan melindungi kulit dari penuaan.

3. Manfaat jamur tiram selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Jamur tiram mengandung beta glucan yang bisa berperan besar dalam mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah sekaligus menjaga kesehatan jantung. Selain itu, jamur tiram juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menjaga fungsi jantung, otot, dan juga saraf.

Manfaat jamur tiram juga bisa menurunkan tekanan darah karena kandungan zat ergosterol yang mampu mengembangkan manfaat vitamin D dengan bantuan sinar matahari menjadi lebih efektif. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi turun dan stabil.

4. Manfaat jamur tiram yang mengandung lovastatin bisa membantu mengatur sirkulasi kadar kolesterol dalam darah. Kemudian kandungan beta-glucan, yakni salah satu bentuk serat larut air yang ditemukan tinggi pada jamur tiram juga bisa memengaruhi kadar kolesterol.

Beta-glucan berfungsi menyerap kolesterol di aliran darah. Selain itu, jamur tiram juga dipercaya mampu membantu menurunkan kadar trigliserida dan gula darah pada penderita diabetes.

5. Sebuah penelitian terbitan International Journal of Oncology tahun 2008, menunjukkan bahwa suplemen yang terbuat dari ekstrak jamur tiram dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker usus besar.

Suplemen yang sama juga bisa membantu mencegah penyebaran sel kanker kebagian tubuh lainnya. Jamur tiram juga mengandung betaglukan dan glokoprotein yang dapat meningkatkan respon antikanker tubuh secara alami.

6.Manfaat jamur tiram selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin B3. Vitamin yang memiliki nama lain niacin ini memegang peran penting untuk membantu proses pertumbuhan, perkembangan, serta kerja organ-organ di dalam tubuh.

Selain itu vitamin B3 juga bertugas untuk membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan yang kamu konsumsi agar bisa digunakan sebagai energi. Vitamin B3 juga dipercaya memiliki fungsi menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

7. Manfaat jamur tiram lainnya adalah bisa menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan dalam jamur tiram bisa untuk melawan berbagai efek buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Jamur tiram mengandung ergothioneine, yaitu zat antioksidan yang membantu mencegah terjadinya peradangan. Kemudian ergothioneine juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan aterosklerosis.


8. Manfaat jamur tiram yang terakhir adalah mampu membantu mengatasi penyakit hati atau liver. Jamur tiram memiliki sifat antibakteri dan antitumor yang membantu menetralisir racun-racun yang masuk dalam tubuh. Jamur tiram baik dikonsumsi untuk kamu dari berbagai usia yang baik untuk kesehatan hati. (Sumber:Internet)




Baca Juga Topik #kesehatan+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+