Polsek Bunut Tangkap Pembakar Lahan di Desa Sungai Buluh

Kamis, 08 Agustus 2019 - 18:59:02 WIB Cetak

Polsek Bunut Tahan Pembakar Lahan di Dusun Kampung, Desa Sungai Buluh, Kecamatan Bunut

WARTAPOROS.COM--Pelaku pembakaran hutan dan lahan Dusun Kampung, Desa Sungai Buluh, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan berhasil ditahan Polsek Bunut.

Melalui rilis Polsek Bunut menjelaskan kronologis kejadian, pada hari rabu tanggal 31 Juli 2019 sekira pukul 15.00 Wib. Pelapor yang merupakan anggota Polsek Bunut saat sedang melaksanakan tugas sambang desa, mendapat kabar dari masyarakat bahwa ada kumpalan asap tebal di Desa Sungai Buluh.

Usai mendapat informasi pelapor langsung menuju lokasi, dan benar kebakaran lahan kebun warga yang ditunggu oleh Erwin (Terlapor). Lalu pelapor langsung melaporkan kepada Kapolsek Bunut, tak berapa lama Kapolsek bersama Personil sampai kelokasi dengan bantuan pihak perusahan, sekira pukul 18.00 Wib, sijago merah berhasil di padamkan.

Selanjutnya, terhadap terlapor langsung diamankan Polsek Bunut, setalah di introgasi terlapor mengakui bahwa Lahan tanah tersebut adalah milik saudara Jupri. Di akuinya bahwa dirinya yang membakar semak belukar yang sudah ditumbanginya, bahkan dalam pembakaran itu dilakukan terlapor secara secara bertahap yakni sebanyak 3 kali, mulai sejak hari Minggu tanggal 28 Juli 2019 dan dilakukan pada malam hari sekira 18.00 Wib.

Rencana lahan tersebut akan di tanami dengan tanaman palawija, untuk informasi bahwa lahan yang terbakar di kebun warga itu lebih kurang luasnya 1/2 hektar. Sementara barang bukti yang diamankan Polsek Bunut di lokais berupa 1 buah mancis warna putih, 1 batang atw ranting kayu bekas potongan yang terbakar, dan satu bilah parang gagang warna biru.

Kapolsek Bunut, Akp Benhardi SH menghimbau seluruh masyarakat yang memiliki lahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar dan jangan meninggalkan lahan-lahan yang dimiliki serta harus sering memantau lahan tersebut. Hal ini untuk menjaga kebakaran lahan sebab kondisi kemarau panjang menyebabkan lahan retan terbakar.

Sambung Mantan Kasat Binmas Polres Pelalawan ini, meminta kepada masyarakat pada musim kemarau ini untuk tidak memcari ikan menggunakan racun yang menyebabkan ikan-ikan banyak mati sehingga ekosistem alam menjadi rusak. "Kalau tertangkap tangan akan kami tindak lanjut sesuai proses hukum yang berlaku,"tegas Kapolsek Bunut kepada wartaporos.com. (rls/Indra)





Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+