Miris, Ada Sekolah Berlantai Tanah dan Berdinding Papan di Pelalawan

Jumat, 26 Juli 2019 - 12:18:18 WIB Cetak

Siswa SDN 015 Teluk Punak Fokus Belajar Dengan Keadaan Sekolah Berlantaikan Tanah

WARTAPOROS.COM--Sekolah merupakan salah satu lembaga untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbaik. Tapi kalau tidak dibarengi fasilitas memadai, tentu juga akan menjadi suatu hambatan dalam pengembangan sumber daya manusia.

Memang benar, menuntut ilmu bisa dimana saja. Hal ini yang dirasakan SDN 015 Teluk Punak, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Kondisinya sungguh memprihatinkan, bahkan tak layak disebut sekolah.

SDN 015 Teluk Punak hanya berlantaikan tanah dan berdinding papan. Tragisnya lagi, siswa mencium bauk busuk kotoran kucing yang berbaur dengan tanah, dikalah hujan siswa akan merasakan nikmatnya mandi hujan di dalam kelas, lantaran atap-atap bangunan banyak yang bocor.

Dengan pintu kelas yang terbuat dari triplek yang sudah mau hancur.Tentu kondisinya saat ini sudah berlangsung lama, sehingga membuat kursi dan meja sebagian rusak parah.

Papan tulis yang dipakai tiap hari juga tak jauh berbeda. White board-nya tampak usang dimakan zaman. Dipaku di dinding depan ruang kelas, pinggir white board terlihat telah mengelupas.

Tentu kondisi ini sangat kontras sekali dengan bangunan sekolah-sekolah yang ada di kota. Karena di kota ada yang bertingkat dua, berlantai porslen dan fasilitas-fasilitas lainnya sangat megah.

Tentu gambaran itu melihatkan, bahwa belum adanya pemerataan pendidikan, meski sudah 73 tahun Indonesia merdeka. Aktivis Pelalawan, Dedi Aswandi mengatakan, pihaknya telah melakukan survei ke SDN 015 Teluk Punak beberapa waktu lalu. Dia melihat kondisi sekolah tersebut sangat memprihatinkan.

“Kita datang ke sana untuk surve, sekalian berencana akan melakukan bakti sosial di sekolah itu,"ujar Dedi Aswandi kepada wartaporos.com, Kamis lalu (25/7/2019).

Sambung Dedi Azwadi, dirinya bersama relawan peduli pendidikan akan melalukan sumbangan seadanya untuk membantu perbaikan kondisi sekolah tersebut.

"Kita akan melakukan sumbangan untuk membatu sekolah tersebut. Walaupun sedikit muda-mudahan dapat membantu sekolah,"pungkasnya.(Erik)



Baca Juga Topik #pendidikan+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+