Pendalaman Tugas, 45 Anggota DPRD Pekanbaru Ikuti Orientasi

Kamis, 16 Januari 2020 Cetak

Rabu,11 Desember 2019 | 21:42:56 WIB

WARTAPOROS.COM- Pasca dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri) H EDy Natar Nasution pada Selasa malam, Hari ini Rabu (9/10/2019) 45 anggota DPRD Kota Pekanbaru periode 2019-2024 mengikuti kegiatan orientasi gelombang I disalah satu hotel di Pekanbaru hingga Jumat (11/10/2019) mendatang.

Kegiatan orientasi yang ditaja oleh Badan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau ini, sebagai salah satu upaya pembekalan dan pendalaman tugas para anggota dewan dalam menjalankan tugas selama lima tahun kedepan

Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS S.IP disela-sela kegiatan memaparkan, kegiatan orientasi ini sangat penting untuk diikuti para anggota legislatif dalam menjalankan tupoksi (tugas,fungsi dan pokok) anggota dewan.

"Orientasi ini sebenarnya hak dan kewajiban anggota dewan, apalagi anggora DPRD Pekanbaru periode ini banyak yang baru, maka saya nilai orientasi sangat penting diikuti, dan yang annggota dewan lama saya kira tidak salah untuk mengulang kaji," Ungkap Hamdani, saat ditemui disela-sela kegiatan, Rabu (9/10/2019)

Dari materi yang disampaikan pada sesi pertama, Hamdani menilai banyak informasi dan pengetahuan yang bisa diambil oleh para anggota dewan, diantaranya bagaimana memahami seutuhnya kerangka dasar pancasila, dan undang-undang dasar yang didalamnya juga menyangkut tugas-tugas legislatif.

"Kita dituntut tidak hanya sekedar koar-koar kami NKRI kami nasionalisme, tetapi bagaimana aktualisasi dari NKRI itu, dan tunjukkan bahwa kita ini memiliki pemahaman pancasila yang utuh dan tidak hanya sekedar seremoni tapi betul-betul menunjukkan dan menghargai yang namanya perbedaan pendapat, menghargai masukan serta juga menghragi suptansi dari pancasila undang-undang dan demokrasi," Pungkas Hamdani.

Sementara dihari kedua masa orientasi 45 anggota DPRD Kota Pekanbaru periode 2019-2024, wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri berharap orientasi dapat dijadikan bekal dan ilmu bagi seluruh anggota DPRD Pekanbaru.

"Banyak informasi dan ilmu yang disampaikan tadi oleh pematari, baik itu berkaitan dengan tugas dan fungsi, pahaman penyusunan keanggotaan dan pedoman atau tata cara pengelolaan keuangan daerah, meskipun diatara kita banyak yang tahu tapi kita tidak pernah puas untuk terus belajar, apalagi dalam organisasi politik ini kita harus tetap dan terus belajar," Ungkap Wakil DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri.

Untuk itu, dari informasi yang disampaikan oleh pemateri bisa dijadikan bekal terlebih lagi Azwendi menilai, materi yang disampaikan oleh narasumber juga yang terupdate dan sesuai dengan paraturan dan perundang-undangan yang terbaru sehingga bisa dijadikan refensi.

"Setalah orientasi ini saya berharap kita semua para anggota dewan sudah tahu apa langkah yang perlu diambil dari tugas dan fungsi yang diemban, jadi tidak hanya secara umumnya saja, tetapi sudah tahu seluk beluk aturan mainnya, tujuannya agar tidak salah langkah. Karena kita ketahui para anggota dewan inikan datang dari beragam latar belakang makanya orientasi atau pembekalan ini sangat penting diikuti," Pungkas Azwendi.

Dihari terakhir orientasi Jumat (11/10/2019) sore, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru secara resmi hadir dan menutup masa orientasi 45 anggota DPRD Kota Pekanbaru periode 2019-2024. Sebelum ditutup secara resmi oleh Sekdako Pekanbaru M Noer MBS, Plt Sekwan DPRD Pekanbaru melalui Kabag Umum Dedi Gusriadi memberikan laporan kegiatan orientasi yang berlangsun sejak tanggal 8 hingga 11 Oktober 2019 ini.

" Kami laporkan bahwa kegiatan orientasi ini sudah berlangsung sejak 8 Oktober lalu yang secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Riau dan berakhir hari ini 11 Oktober 2019. Untuk diketahui orientasi ini bertujuan untuk meningkatkan pegetahuan, keterampilan sikap dan pengabdian anggota DPRD Pekanbaru dalam menjalankan tugas," Ungkap Dedi Gusriadi.

Sementara untuk materi yang disampaikan, lanjut Dedi sebanyak 30 jam pelajaran diantaranya meteri Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, Pembangunan daerah, pengelolaan keuangan daerah, tugas, wewenang, hal dan kewajiban anggota DPRD Kota Pekanbaru.

Sementara itu, Sekdako Pekanbaru M Noer dalam sambutannya berharap pelaksanaan orientasi yang berakhir hari ini bisa memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak yakni antara legislatif dan eksekutif.

" Dalam pelaksaan orientasi ini tentu ada kurang lebihnya, tapi terlepas dari itu kami berharap orientasi ini bisa bermanfaat positif baik bagi legislatif sebagai peserta maupun bagi eksekutif. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah menyelenggara acara bisa berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu secara resmi saya mewakili Walikota Pekanbaru resmi menutup masa orientasi DPRD Pekanbaru periode 2019-2024," Ungkap M Noer seraya mengetok palu tanda orientasi resmi ditutup.

Usai menutup secara resmi orientasi 45 DPRD Kota Pekanbaru, M Noer saat ditemui menambahkan, orientasi diharapkan bisa memberikan ilmu pengatahun para anggota dewan, bahkan pihak legilatif dan eksekutif makin besinergi dalam menjalankan tugas.

"Tentunya dengan orientasi ini para anggota dewan tidak ragu-ragu lagi dalam menjalankan tugas, dan sinergitas antara Legislatif dan eksekutif terjalin dengan baik," Harap M Noer.

Senada dengan Sekdako Pekanbaru, Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani berharap hubungan pemerintah daerah dalam hal ini antara Eksekutif dan legislatif terjalin sinergitas yang baik sangat diharapkan tanpa mengurangi sikap kritis para anggota dewan.

" Tentunya sinergitas harus dijaga kedua belah pihak baik legislatif harus dijaga tanpa mengurani sikap kritis kita sebagai anggota dewan, terlebih lagi salah satu tugas dan fungsi kita menjalankan pengawasan," Singkat Hamdani.***

Kartini salah seoarang anggota DPRD Pekanbaru terlihat aktif mengajukan pertanyaan saat orientasi berlangsung.

Suasana narasumber memberikan materi kepada 45 anggota DPRD Pekanbaru sebagai peserta orientasi.

Sesi foto bersama anggota dewan dan pemateri dihari pertama orientasi.

Suasana orientasi dihari kedua, 45 anggota dewan terlihat interaktif dengan materi yang disampaikan terkait tugas dan fungsi sebagai anggota legislatif.

Suasana saat orientasi berlangsung dan narasumber menyampaikan materi terkait pemahaman terkait pedoman dan tata cara pengelolaan keuangan daerah.

Salah seoarang narasumber saat memberikan materi orientasi

Sekdako Pekanbaru didampingi Ketua DPRD Kota Pekanbaru saat memimpin orientasi hari terakhir.

Sesi foto bersama peserta orientasi dengan Sekdako Pekanbaru.