Sertijab Kepala Imigrasi Selatpanjang, ini harapan Kanwil Kemenkumham Riau

Kamis, 04 Juli 2024 - 11:36:06 WIB Cetak

Selatpanjang,wartaporos.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau memimpin serah terima jabatan (sertijab) Kepala Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, Rabu sore.

 

Kegiatan sertijab yang dilaksanakan langsung di Kantor Imigrasi Selatpanjang, di Jalan Merdeka, Selatpanjang itu dipimpin oleh Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Riau, Johan Manurung.

Loading...

 

Tongkat estafet kepemimpinan Imigrasi Selatpanjang yang sebelumnya dijabat oleh Azhar diserahkan kepada Putu Sonny Kharmawi Guna G yang berasal dari Bali. Sementara Azhar akan melanjutkan tugas ke wilayah Jakarta.

 

Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Riau, Johan Manurung menekankan kepada Imigrasi Selatpanjang untuk memberikan kepuasaan bagi masyarakat Meranti dalam hal pelayanan paspor. Namun, pihaknya membatasi Imigrasi Selatpanjang agar tidak memproses paspor di luar dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) Meranti dan Siak.

 

"Kami membatasi Imigrasi Selatpanjang untuk mengurus dan memproses paspor yang tanda kutip adalah KTP Meranti plus KTP dari Kabupaten Siak yang notabene kelahiran Meranti. Di luar daripada itu kami ingatkan kepada Kakanim jangan diproses," ujar Johan Manurung.

 

Kemudian, Johan juga meminta agar Imigrasi Selatpanjang mempermudah masyarakat Meranti dalam permohonan pembuatan paspor. Karena menurutnya, seperti yang diketahui banyak masyarakat di kabupaten termuda di Riau itu yang mengadu nasib ke Malaysia untuk mencari nafkah.

 

"Saya harapkan Imigrasi Selatpanjang memberikan kemudahan masyarakat Kepulauan Meranti. Sebab selama 25 hari mereka berangkat ke negara tetangga hanya untuk mencari makan. Setelah pulang, mereka sudah warga Indonesia lagi. Ini yang perlu diperhatikan," sebutnya.

 

Johan juga mengaku personel di Imigrasi Selatpanjang masih sangat minim. Tetapi dengan keterbatasan itu, pihaknya akan tetap berupaya memaksimalkan pelayanan, baik di kantor maupun di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tanjung Harapan.

 

"Mudah-mudahan tidak ada komplain dari teman-teman di daerah ini. Meski begitu, saya minta agar pak Kakanim tetap terus berkoordinasi dan berkolaborasi bersama Pemerintah daerah dan aparat penegak hukum (APH)," harap Johan.

 

Sementara itu, Kepala Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, Putu Sonny Kharmawi Guna G menyebutkan dirinya akan melanjutkan tugas yang diemban oleh pimpinan yang sebelumnya. Terutama hal dalam meningkatkan kinerja keimigrasian.

 

"Kita akan berkolaborasi dengan seluruh pihak sesuai dengan prosedur. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini saya bisa keliling menyambangi Pemerintah daerah dan seluruh forkompinda di wilayah ini," kata Putu Sonny.

 

Dapat disampaikan juga, tampak hadir dalam kegiatan sertijab itu Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kepulauan Meranti Rokhaizal, perwakilan Kapolres Kepulauan Meranti, Kalapas Selatpanjang, Kepala Imigrasi Siak dan Bengkalis, para dharma wanita Imigrasi Selatpanjang dan pihak lainnya.(nik)







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+