Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Buka Sosialisasi Penguatan Transisi Paud ke SD

Rabu, 06 Maret 2024 - 20:03:16 WIB Cetak

Kampar - Bunda Paud Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali membuka kegiatan Sosialisasi Transisi Paud Ke SD yang menyenangkan di Kabupaten Kampar, kegiatan ini dibentuk oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek RI. (06/03)

Dalam pemaparannya, Ricana menyampaikan program ini telah diatur dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 0759/HK.04.01/2023, yang mana dalam edaran tersebut dituangkan tentang Penguatan Transisi Paud ke SD (kelas awal) yang menyenangkan, Dan Kabupaten Kampar juga telah menerbitkan Peraturan Bupati perihal yang sama Nomor 32/Tahun 2023.

"Program ini telah diatur dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 0759/HK.04.01/2023, yang mana dalam edaran tersebut dituangkan tentang Penguatan Transisi Paud ke SD (kelas awal) yang menyenangkan, Dan Kabupaten Kampar juga telah menerbitkan Peraturan Bupati perihal yang sama Nomor 32/Tahun 2023", Ricana Djayanti. 

Loading...

"Rasa nyaman dan menyenangkan harus bisa diciptakan oleh para pendidik baik di PAUD dan di SD Kelas Awal. Tidak ada lagi praktek-praktek test calistung dalam penerimaan murid baru, serta harus menjadikan anak-anak merasa sekolah adalah hal yang menyenangkan", tegas Ricana.

Ada 3 target perubahan yang diharapkan terjadi dengan program ini yaitu Menghapuskan Tes Calistung pada PPDB SD, Melaksanakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) selama 2 minggu pertama dan Penerapan pembelajaran yang membangun kemampuan pondasi anak.

Narasumber juga memberikan materi pada sosialisasi ini dengan menerangkan bahwa apapun kondisi seorang anak yang telah menginjak usia 7 tahun berhak diterima untuk menimba ilmu di bangku SD atau sederajat. Pendidik harus lebih memberi keteladanan kepada anak-anak agar mereka mengerti tentang rasa hormat, cara berterima kasih dan cara meminta tolong, yang mana ini semua telah tertuang dalam 6 (enam) pondasi untuk transisi Paud ke SD yang menyenangkan.

Selanjutnya Ricana yang didampingi oleh Kabid Ketenagaan Dinas Dikpora Kabupaten Kampar Admiral taja kegiatan sosialisasi ini yang dituju bagi Korwil, Kepala UPT SD dan Paud/TK, Guru SD kelas awal (kelas 1 dan 2) dan Guru Paud/TK se Kabupaten Kampar yang kali ini diadakan bagi Kecamatan Bangkinang Kota, Bangkinang, Salo, Kuok, XIII Koto Kampar dan Koto Kampar Hulu yang nantinya akan disusul oleh kecamatan lainnya. Kegiatan ini merupakan kerjasama dati Bunda Paud Kabupaten Kampar bersama Forum Paud Kabupaten Kampar dan Dinas Dikpora Kabupaten Kampar.





Baca Juga Topik #pendidikan+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+