PPKBP3A Dorong Perempuan Kampar Tangguh dan Produktif

Rabu, 28 Februari 2024 - 12:36:28 WIB Cetak

Kampar - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar mendorong perempuan di daerahnya untuk menjadi tangguh dan produktif dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Kepala DPPKBP3A Kampar, Drs. Edi Afrizal mengatakan bahwa kesetaraan gender mengisyaratkan pentingnya produktivitas kaum perempuan. Banyak cara yang dapat dilakukan perempuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga, salah satunya dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk bercocok tanam.

"Dengan menanam tanaman produktif di pekarangan, akan memberikan keuntungan ganda. Jika dikelola dengan baik, pekarangan rumah dapat memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga seperti tempat bermain, tempat rekreasi, sumber pangan, dan juga sebagai sumber pendapatan ekonomi keluarga,” ujar Edi Afrizal belum lama ini.

Loading...

Edi Afrizal juga menyampaikan bahwa saat ini perempuan Kampar dapat bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kampar dalam mengolah dan menggarap lahan pekarangan, khususnya dalam pengembangan usaha tanaman pangan melalui pengembangan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Dengan adanya program pengembangan KWT, lanjut Edi maka perempuan Kampar diharapkan dapat berperan aktif dalam program tersebut, sehingga terwujudnya perempuan Kampar yang tangguh dan produktif dalam peningkatan pendapatan ekonomi keluarga,” ungkap Edi Afrizal.

Secara umum, Edi Afrizal menjelaskan bahwa peran perempuan dalam ekonomi Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Sekitar 54% pelaku UMKM didominasi oleh perempuan. Bahkan, pada bidang investasi, peran perempuan mencapai angka 60%.

 

“Situasi tersebut menunjukkan bahwa perempuan juga memiliki kapasitas yang sama sebagaimana laki-laki, baik dari segi kecerdasan hingga kemandirian. Bahkan kemampuan perempuan dalam mengelola keuangan rumah tangga juga membantu mereka untuk lebih produktif berinvestasi,” jelas Edi Afrizal.

Edi Afrizal menambahkan bahwa peran perempuan dalam ekonomi Indonesia dapat digolongkan menjadi 3 hal, yaitu pertama peran tradisional dengan pekerjaan domestik, hal ini tidak dapat diremehkan karena menjadi unsur vital suatu rumah tangga.

Kedua, peran transisi, yaitu selain menjadi ibu rumah tangga, perempuan juga turut andil sebagai tenaga kerja, baik di bidang pertanian hingga industri.

“Dan yang ketiga peran kontemporer, yaitu posisi perempuan yang kini banyak dijumpai sebagai wanita karier,” papar Edi Aprizal







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+