Pemkab Meranti Imbau Masyarakat Periksa Kesehatan Secara Rutin

Rabu, 13 Desember 2023 - 19:40:44 WIB Cetak

MERANTI, WARTAPOROS.COM  - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengimbau masyarakat untuk rutin memeriksakan kesehatan, sehingga terbangun Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

 

Hal itu disampaikan Plt Bupati Kepulauan Meranti melalui Staf Ahli Bupati M. Mahdi saat menghadiri Penyuluhan Kanker dan Pemeriksaan Pap Smear di UPT Puskesmas Alahair, Rabu (13/12/2023).

Loading...

 

"Pemkab terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin. Kemudian juga mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan melakukan aktifitas fisik setiap hari," katanya.

 

Dia menjelaskan, Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa. Yakni dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

 

"Germas harus dimulai dari keluarga, karena merupakan bagian terkecil dari masyarakat untuk membudayakan hidup bersih dan sehat," terangnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti M. Fahri berharap dengan adanya kegiatan Germas tersebut bisa mewujudkan visi misi Plt Bupati yaitu ketuk pintu layani dengan hati. 

 

"Semoga mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Meranti meningkat, dan alhamdulillah UPT Puskesmas Alahair sudah mendapat predikat paripurna," ungkap Fahri.

 

Fahri juga menegaskan para tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat. 

 

"Bila menjumpai petugas Puskemas yang melayani dengan wajah cemberut, tidak smile mohon diinformasikan, agar bisa ditindak lanjuti," ujarnya.

 

Selanjutnya, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Riau Muhammad Anas mengaku bangga bisa turut memberi penyuluhan dan pelayanan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

 

"Bicara masalah kanker sebetulnya adalah suatu penyakit yang tidak menular dan tidak perlu ditakuti oleh masyarakat, namun penyakit ini bisa mematikan dan hal ini perlu diketahui oleh masyarakat," ujarnya.

 

Kegiatan Germas itu diisi dengan penyuluhan kanker dan pemeriksaan Pap Smear oleh YKI Cabang Riau.

 

Tampak hadir pada acara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Ismiatun, Kepala UPT Puskesmas Alahair dr. Verani Alendra, perwakilan Camat Tebing Tinggi, Bhabinsa Alah air, lurah dan kepala desa serta undangan lainnya. (nik)







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+