Plt Bupati Asmar Tekankan Pentingnya Fondasi Pendidikan Bagi Anak

Sabtu, 16 September 2023 - 18:24:18 WIB Cetak

MERANTI, WARTAPOROS.COM  - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, Sabtu (16/9/2023) membuka Bimtek Penguatan Transisi dari PAUD ke SD se-Kabupaten Kepulauan Meranti di Ballroom Afifa, Selatpanjang.

Asmar menyampaikan, setiap anak berhak mendapatkan fondasi kematangan emosional, literasi dan numerasi dasar. Hal itu wajib ditanamkan sejak usia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Dasar (SD).

"Masih banyak anak yang langsung masuk kelas 1 SD, sehingga tidak mendapatkan fase fondasi yang menjadi haknya," ujar Asmar.

Loading...

Dia menilai, membangun fondasi merupakan bentuk pengenalan pertama anak terhadap nilai-nilai baik yang dimiliki, dan tertuang dalam profil pelajar Pancasila. Untuk itu ia mengajak Bunda PAUD se-Kepulauan Meranti, untuk bersama-sama mendukung suksesnya Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

"Mari bersama kita mengajak orang tua dan tenaga pendidik untuk berkolaborasi serta bekerja sama," sebutnya.

Terkait adanya usulan penambahan guru yang jumlahnya saat ini masih kurang, Asmar mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti hal tersebut.  

"Kami akan mempelajarinya terlebih dahulu, jika memang ada jalannya akan kita tambahkan," ungkap Asmar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Meranti Suardi, M.Pd, menyebutkan kekurangan tenaga pendidik sebanyak 361 orang. Adapun upaya yang akan dilakukan, tambahnya, melakukan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dari guru honorer sesuai regulasi.

"Jika nanti regulasinya boleh, kita akan memprioritaskan daerah terpencil, itu yang akan menguatkan pendidikan di Meranti," katanya.

Sebelumnya, Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Kepulauan Meranti Suprapti, M. Pd melaporkan, tujuan kegiatan itu guna meluruskan miskonsepsi tentang kemampuan siswa masuk ke tingkat SD.

Kemudian, juga menitik beratkan pentingnya membangun kemampuan fondasi pada anak secara bertahap demi efektif dan optimalnya proses pembelajaran.

"Transisi PAUD SD adalah suatu gerakan yang ingin memastikan setiap anak di mana pun titik berangkatnya, memiliki hak dibina kemampuan fondasinya," jelas Suprapti.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Bunda PAUD Kabupaten Kepulauan Meranti Hj. Ismiatun, SE, Bunda PAUD kecamatan, desa dan kelurahan se-Kabupaten Kepulauan Meranti, Ketua IGTKI, Ketua Himpaudi Kecamatan Tebingtinggi, dan para peserta Bimtek serta tamu undangan lainnya.

Hadir juga selaku narasumber yakni perwakilan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Riau Warsito. (nik)







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+