Buka Turnamen Gasing di Telukbelitung, Plt Bupati Asmar: Apresiasi Terhadap Panitia.

Senin, 31 Juli 2023 - 08:52:59 WIB Cetak

MERANTI, WARTAPOROS.COM - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar membuka Turnamen Gasing se-Provinsi Riau ke 2 di Kelurahan Telukbelitung Kecamatan Merbau, Minggu (30/7/2023).

Sebanyak 22 klub ikut bertanding, diantaranya dari Kota Dumai, Kabupaten Siak, Bengkalis dan Kepulauan Meranti. Masing-masing klub terdiri dari 8 orang.

H. Asmar sangat mengapresiasi turnamen tersebut. Ia menilai hal itu sangat penting guna melestarikan permainan tradisional masyarakat.

Loading...

"Ini sangat penting agar tak lekang dimakan zaman," ungkapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa di era teknologi seperti saat ini, banyak hal yang tidak bernilai positif dan mengkhawatirkan bagi generasi penerus. Menurutnya, seiring perkembangan zaman, banyak permainan modern yang didukung teknologi canggih.

"Besar harapan kami permainan olahraga tradisional seperti gasing ini terus dijaga dan dikenalkan ke anak-anak kita," ajak Asmar.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan terima kasih kepada jajaran panitia, terkhusus PT Imbang Tata Alam (ITA) yang menjadi sponsor turnamen tersebut. Meski begitu, ia mengingatkan agar perusahaan migas itu segera merealisasikan rencana pembangunan gelanggang gasing bagi masyarakat.

"Masyarakat sudah tak sabar menunggu. Kepada panitia, teruslah berbuat dan berinovasi sehingga tahun depan lebih ramai lagi," kata Asmar.

Sebelumnya, Sekretaris Camat Merbau Hj. Wan Jumiati turut memberikan apresiasi kepada Komunitas Gasing (Komgas) Kecamatan Merbau karena telah menggagas turnamen tersebut. Ia berharap ajang pelestarian permainan tradisional itu dapat terus berlanjut dengan peserta hingga provinsi tetangga bahkan negeri jiran Malaysia.

"Kami berharap PT ITA segera dan komitmen dalam janjinya membangun gelanggang gasing ini. Kita harapkan bersama turnamen tahun ketiga nanti gelanggang gasing ini sudah dibangun," harapnya.

Turut hadir dalam pembukaan turnamen itu, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kepulauan Meranti, perwakilan PT ITA, sejumlah kepala OPD, unsur Pimpinan Kecamatan Merbau, dan sejumlah pejabat, tokoh serta undangan lainnya. (nik)







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+