Polres Bersama Forkopimda Meranti Gelar Rakor dan Anev Penanganan Karhutla

Rabu, 07 Juni 2023 - 18:08:57 WIB Cetak

MERANTI, WARTAPOROS.COM  - Polres Kepulauan Meranti Polda Riau bersama forkopimda Rabu (7/6/2023) siang, bertempat di ruang rapat Melati kantor Bupati, menggelar rapat koordinasi (rakor) dan anev penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) periode bulan Juni 2023.

Rakor dan anev tersebut dilaksanakan setelah mendapat arahan dari Kepala BNPB pusat Letjen TNI Suharyanto SSos MM bersama Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, yang di gelar secara zoom meeting.

Hadir dalam pertemuan itu, Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP Purn H Asmar, Kapolres AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, Asisten I Setdakab Irmansyah, Kasi Intel Kejari Tiyan Andesta SH, Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti Kompol Yudi Setiawan SH MH, Kasat Intelkam AKP Josrizal SH, Kasat Samapta AKP Timur Bratayuda N SH, Kanit Idik II Satreskrim Ipda Ali Afrianto SH, Koramil 02 Tebingtinggi Sertu Pardin, Plt Kalaksa BPBD Tunjiarto, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Ade Suhartian, Kabid Kedaruratan  BPBD Edi, dan Kanit Idik III Satreskrim Iptu Jimy Andre SH MH.

Loading...

Plt Bupati H Asmar, dalam arahannya meminta penanganan karhutla di Kepulauan Meranti tetap dilakukan secara bersinergi bersama seluruh stakeholder terkait.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul dalam pemaparannya menyampaikan bahwa El Nino akan lebih kuat terjadi di akhir bulan Juni 2023 dan ini menyebabkan curah hujan menjadi sedikit. Sehingga diperkirakan lahan gambut di wilayah Meranti akan menjadi lebih kering.

"Apel siaga dari tingkat kabupaten sampai dengan tingkat desa sudah dilaksanakan dan seluruh peralatan harus tetap terjaga dan siap digunakan," tuturnya.

Kapolres juga membeberkan jumlah lahan yang terbakar di Kabupaten Kepulauan Meranti sampai dengan saat ini seluas 9.5 hektare.

"Sedapat mungkin kita lakukan upaya pencegahannya. Kemudian penindakan hukum terkait karhutla di wilayah Kepulauan Meranti masih nihil, dikarenakan areal yang terbakar rata-rata adalah perkebunan masyarakat yang diduga tidak ada unsur kesengajaan dalam kejadian kebakaran tersebut," beber Andi Yul.

Selanjutnya,  Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti Kompol Yudi mengisi rakor dengan memaparkan tentang upaya mitigasi melalui Aplikasi Dasboard Lancang Kuning (DLK).

Rakor diakhiri dengan diskusi yang dipimpin oleh Plt Bupati terkait penanganan Karhutla di Kepulauan Meranti. (nik)







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+