Dipicu Putusan MK, Massa Bakar Sejumlah Perkantoran Pemerintahan di Yalimo

Selasa, 06 Juli 2021 - 12:40:22 WIB Cetak

Salah satu kantor yang dibakar massa.

PAPUA, WARTAPOROS.COM-Ibu Kota Yalimo, Jaya Pura, Provinsi Papua sempat mencekam. Sekelompok massa mengamuk dengan brutal. Mereka membakar sejumlah fasilitas perkantoran pemerintaan di Elelim.  Sekelompok orang melakukan pembakaran tersebut diduga bagian dari pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Yalimo, 
yang tak terima dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK).Selasa (29/6).

Massa yang mengamuk, selain membakar gedung pemerintahan, dan ruko, massa pendukung paslon Erdi Dabi-Jhon Wilil juga membakar kendaraan baik roda dua maupun empat. Tercatat 34 perkantoran, 126 ruko yang dibakar serta 115 sepeda motor dan roda empat empat unit, kata Irjen Pol Fakhiri, Senin.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, kerugian akibat pembakaran yang terjadi Elelim, diperkirakan mencapai Rp 324 miliar. Kapolda mengaku bersama Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono sedang berada di Wamena setelah Senin pagi berkunjung ke Yalimo mengatakan, dari laporan yang diterima saat ini 1.137 orang mengungsi.

Loading...

"Warga saat ini masih mengungsi di instalasi militer milik TNI-Polri serta gereja yang ada di Elelim, karena selain masih takut juga ada yang rumahnya dibakar massa," ungkapnya.

Banyak diantara mereka yang meminta untuk dikawal saat evakuasi ke Wamena. "TNI-Polri sedang mengawal warga yang ingin ke Wamena guna menghilangkan traumanya," kata Fakhiri.

Kapolda Papua juga mengatakan bakal bertemu Calon Bupati Yalimo, Erdi Dabi untuk meminta menenangkan pendukungnya. 

Polda Papua juga mengirim dua satuan setingkat peleton ke sana. Puluhan personel itu akan membantu Polres Yalimo mengamankan situasi. Sebab, dikhawatirkan terjadi amuk massa susulan.

Fakhiri juga memperingatkan warga Yalimo agar tidak melakukan aksi melanggar hukum yang dapat merugikan semua pihak.(*)





Baca Juga Topik #peristiwa+
Business

Jembatan di Solok Selatan Putus

Ahad, 24 November 2019
Business

Ledakan di Monas, Polisi Masih Sterilkan Lokasi

Selasa, 03 Desember 2019


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+