Usai Survei Bersama, Forum Minta Secepatnya Realisasi TPU Baru Kecamatan Pangkalan Kerinci

Kamis, 18 Februari 2021 - 23:49:34 WIB Cetak

Forum RT/RW dan Kaling Serta LPM Kecamatan Pangkalan Kerinci Layangkan Surat Realisasi Lahan TPU baru Kecamatan Pangkalan Kerinci.

WARTAPOROS.COM-Forum RT/RW, Kaling dan LPM Kecamatan Pangkalan Kerinci melayangkan surat realisasi lahan TPU kepada PT. Inti Indosawit Subur. Hal ini dilakukan menindak lanjut hasil survei lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Surat yang dilayangkan tersebut didasari dari hasil survei 4 titik lokasi yang diajukan pihak PT Inti Indosawit Subur (IIS) yang dilakukan oleh forum RT/RW, Kaling dan LPM, pihak perusahaan PT. Inti Indosawit Subur, dan Pemerintah Kabupaten diwakili oleh Camat Pangkalan Kerinci Dodi Asma Putra S. S.TP.

Dari hasil survei, Forum RT/RW, Kaling dan LPM Se-Kecamatan Pangkalan Kerinci melakukan musyawarah guna menentukan titik lokasi TPU yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan forum, adapun kriteria yang menjadi penilaian forum sebagai berikut:

1. Geografis Lahan datar dan tidak miring
2. Lahan Tidak rawa dan tidak gambut
3. Akses ke TPU mudah dilalui oleh kendaraan
4.Lokasi tidak menggangu tata ruang dan pembangunan kota
5. Tidak dalam sengketa di buktikan dengan sertifikat lahan,
6. Jikalau dilahan HGU, aliansi meminta kepada perusahaan agar mengurus sertifikat lahan
7. Luas lahan harus seluas 4 Ha
8. Jika lahan sudah di tentukan, aliansi meminta perusahaan untuk menyelesaikan dalam rangka 1 minggu.
9. Tidak ada penolakan dari masyarakat sekitar terkait realisasi lahan TPU.

"Sesuai dengan kesepakatan bersama Pemerintah Kecamatan dan hasil musyawarah Forum RT/RW, Kaling dan LPM. Kita menetapkan lahan yang berlokasi di Kelurahan Kerinci Barat (Depan Gardu Induk PLN Persero) sebagai lahan tempat pemakaman umum Kecamatan Pangkalan Kerinci," kata Ketua Forum RT/RW dan Kaling Kecamatan Pangkalan Kerinci, Asiruddin kepada media ini, Kamis (18/2/2021).

Dijelaskan pria disapa Acil ini menerangkan bahwa dari 4 lokasi titik yang diajukan perusahaan hanya satu titik yang memenuhi kriteria yang telah dibuat bersama Pemerintah Kecamatan dan Forum RT/RW, Kaling dan LPM Kecamatan Pangkalan Kerinci.

"Ya, kita sudah melakukan survei bersama Pemerintah Kecamatan, Forum dan pihak perusahaan. Kita menentukan satu titik lokasi yang sesuai dengan kriteria yang kita buat bersama," terangnya.

Hal senada disampaikan ketua koordinator 2 Forum RT/RW, Kaling dan LPM Kecamatan Pangkalan Kerinci, Agusman menegaskan berdasarkan penetapan tersebut Forum RT/RW, Kaling dan LPM Se-Kecamatan Pangkalan Kerinci mendesak pihak perusahaan agar segera merealisasikan lahan yang telah disepakati bersama.

"Kita berikan kesempatan perusahaan menuntaskan keputusan yang kita buat bersama ini dengan waktu 1 minggu kepada pihak perusahaan PT.Inti Indosawit Subur (IIS)," tegasnya.

Sementara itu, Camat Pangkalan Kerinci Dodi Asma Putra S. S.TP mengharapkan dengan telah di survei lahan TPU baru ini, semoga dapat secepatnya direalisasikan agar dapat dimanfaatkan masyarakat Kecamatan Pangkalan Kerinci, terlebih melihat kondisi lahan TPU yang lama sudah penuh.

"Kita berharap lokasi baru TPU Kecamatan Pangkalan Kerinci ini dapat secepatnya direalisasikan sesusai dengan kesepakatan bersama Forum RT/RW, Kaling dan LPM Kecamatan Pangkalan Kerinci," tutupnya. (RH)





Baca Juga Topik #riau+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+