Pariwisata

Kadis: Wilayah Kuok Pariwisatanya Sudah Mendukung

Ahad, 26 Juli 2020 - 11:58:06 WIB Cetak

Menikmati : Kepala dinas pariwisata Ir.Zulia Dharma ketika menikmati berbagai macanlm hasil olahan pokdarwis di stand.

KAMPAR, WARTAPOROS.COM - Pariwisata berbasis masyarakat merupakan suatu langkah efektif untuk menjadikan sektor pariwisata yang memberi manfaat optimal kepada masyarakat, desa Kuok kondisi alamnya sudah mendukung.

Pengembangan pariwisata harus dengan inovasi dan memaksimalkan potensi yang ada, serta disesuaikan pengembangannya dengan kebutuhan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala dinas pariwisata Ir. Zulia Dharma dalam acara silaturrahmi Pokdarwis Anjuongan mato desa Kuok sekaligus pelepasan mahasiswa kuliah kerja nyata di kawasan rumah lontiok desa Kuok Minggu. (26/07)

Loading...

Kepala dinas berpendapat, pariwisata berkelanjutan secara sederhana dapat didefinisikan sebagai pariwisata yang memperhitungkan penuh dampak ekonomi, sosial dan lingkungan saat ini dan masa depan, memenuhi kebutuhan pengunjung, industri, lingkungan dan masyarakat setempat.

"Dimana sektor Pariwisata sangat potensial untuk pemberdayaan ekonomi rakyat dan mempunyai multiplier effect yang sangat luas, Karena usaha-usaha di sektor pariwisata terkait langsung dengan banyak sektor lain yang mempengaruhi kehidupan ekonomi rakyat", Imbuh Zulia Dharma.

 "peningkatan dan pengembangan gerakan sadar wisata pada setiap objek wisata diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang profesional di bidang kepariwisataan ", Tambahnya.

Hal ini diakibatkan karena kurangnya pengetahuan di bidang pariwisata,Biasanya kesan pada diri wisatawan yang datang ke destinasi wisata akan sangat dipengaruhi oleh sikap dan keramah tamahan dari masyarakat lokal.

“Oleh karena itu pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan dari seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata. Dan masyarakat adalah salah satu unsur penting yang harus dilibatkan bersama sama dengan pemerintah dan kalangan usaha/swasta untuk bersinergis melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan, kondisi alamala Kuok ini sudah sangat mendukung dimana dekat dengan sungai, tradisinya, serta kukinernya ” ujarnya.

"Dengan lokasi yang sangat mendukung saya yakin di desa Kuok ini dengan tidak memakan waktu lama pariwisata di Kuok ini akan terwujud apabila masyarakatnya mampu", Imbuhnya. 

Lebih lanjut ia menambahkan dalam pengembangan suatu daerah menjadi objek wisata perlu dilakukan langkah-langkah yang tepat agar tidak memberikan dampak yang negatif bagi lingkungan sosial masyarakat dan daerah wisata itu sendiri. (PJR)





Baca Juga Topik #nasional+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+
Daerah

Plt Bupati Asmar Terima Silaturahmi LMBR dan LMA

Jumat, 01 September 2023
Daerah

Puluhan Kios di Pasar Kuok Ludes Diamuk Api

Jumat, 22 Januari 2021
Daerah

Bupati CSS Buka Kampar Expo 2020

Ahad, 02 Februari 2020