Tokoh LAM: Blok Rokan Serahkan Aje ke Pertamina, Persiapan Riau Belum Cukup

Senin, 20 Juli 2020 - 09:44:46 WIB Cetak

Dr Elviriadi (Internet).

WARTAPOROS.COM-Terkait pengelolaan Blok Rokan yang akan beralih dari Chevron ke Pertamina mulai tahun 2021 mendatang. Mendapat pandangan tokoh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Dr.Elviriadi menyampaikan kepada wartaporos.com, Senin (20/7/2020) melalui WhatsApp pribadinya.

"Ya, saya mengikuti sedikit sedikit soal wacana Riau mengelola Blok Rokan ini. Saya kira Participating Interest (PI) sebesar 10 % itu konsep nya belum klir. Lebih baik serahkan ke Pertamina," kata akademisi asal Meranti ini.

Sambung Kepala Departemen Perubahan Iklim Majelis Nasional KAHMI itu meminta Gubernur Riau untuk menyiapkan konsep yang jelas terkait Blok Rokan.

Loading...

"Tentu masyarakat berharap pada Pak Gubernur, bagaimana konsep dan persiapannya? Saya tengok diam diam aja. Kalau masyarakat tak didesain, tak ade strategi gerakan, jauh panggang dari bara-lah," ujar aktivis ICMI itu.

Selain itu, Elviriadi menilai B to.B (bisnis to bisnis) itu tidak mudah dan perlu cappacity building. "Saye belum melihat kekuatan Sumberdaya Manusia (SDM) pebisnis Melayu Riau dengan dana memadai," lanjutnya.

"Kelembagaan BUMD Riau ini, cobe tengok sendiri, ajap disatroni Bang Husaimi Hamidi Komisi C DPRD Riau. Banyak yang colaps, dan penuh intervensi kepentingan politik. Macam mana mau capacity bussiness building? Apelagi bicara Talangan dana Triliunan," ketus ahli lingkungan itu.

Ditambahkan, Ketua Bidang AMDAL dan Pembangunan Berkelanjutan LAM Riau itu mengajak tokoh masyarakat Riau kompak.

"Saya melihat tokoh tokoh kite belum mau duduk bermusyawarah. Masing masing mungkin ada agenda. Sedangkan kompak aje, Riau belum tentu kompeten, apelagi bederai harai, gigit jari lah Wak," pungkas peneliti gambut yang istiqamah gundul demi nasib hutan.**





Baca Juga Topik #nasional+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+