Puluhan Tahun Menderita, Erwin dan Hendra Butuh Uluran Tangan

Jumat, 13 Maret 2020 - 17:40:30 WIB Cetak

Ketua FJPI Riau Luzi diamanda berfoto bersama Kasi Sosial Kel. Umbansari Yeyen ketika mengunjungi Erwin dan Hendra di kediamannya

PEKANBARU, WARTAPOROS.COM -- Zainun (68) sabar dalam merawat kedua anak laki-lakinya,  Hendra (38) yang lumpuh total sejak  20 tahun lalu dan Erwin (34) yang menderita hidrosepalus (kepala membesar) sejak lahir. Keduanya tergolek di ruang tamu keluarga yang beralamat di jalan Purnamasari gang Imam Kelurahan Umbansari, Rumbai.

Hendra bercerita kepada tim FJPI Riau yang datang dalam rangka memberikan bantuan sembako ala kadarnya, bahwa dia mulai sakit ketika duduk di kelas II SMA. Awalnya dimulai kram kaki. Oleh keluarga, karena keterbatasan biaya, Hendra diobati dengan cara diurut. Lalu ke Puskesmas. Dia hanya dikatakan menderita asam urat. 

"Tapi lama-lama kaki saya kaku dan tak bisa lagi berjalan. Disusul jari jemari tangan yang juga kaku. Akhirnya saya tak bisa apa-apa dan cuma terbaring lemah. Bahkan untuk sekedar menyuap nasi pun tak bisa," kata Hendra.

Loading...

Sementara bagi sang ibunda, Zainun, sakitnya Hendra menambah berat beban, karena sebelumnya dia sudah harus mengurus Erwin, adik Hendra, atau anak bungsunya yang sejak lahir menderita hidrosepalus. 

"Saya hanya bisa mengurus keduanya, biaya kami sehari-hari dari bantuan kakak-kakak Hendra, yang juga tidak banyak duit," kata Zainun. 

Terakhir Hendra malah divonis dokter menderita kanker tulang dan Zainun hanya bisa pasrah karena tidak mungkin dia bisa mengobati Hendra dengan kemampuan ekonomi hanya cukup untuk makan dan minum.

"Dulu ada bantuan pemerintah Rp150 ribu per bulan untuk Hendra, tapi sudah satu tahun ini terputus," kata Zainun.

Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Riau, Luzi Diamanda, menyatakan, FJPI Riau akan berupaya membantu Hendra dengan menghubungkan ke Dinas Sosial dan pihak terkait, agar ada perhatian untuk Hendra dan Erwin.

"Kita akan berupaya meringankan beban Erwin dan Hendra, jika ada yang ingin membantu secara langsung bisa datang kerumah beliau, atau bisa menghubungi FJPI Riau", jelas Luzi.(red)







Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+