Desa Se-Riau

Wagubri Ingatkan Kades Hati-hati Kelola Dana Desa

Kamis, 20 Februari 2020 - 21:00:53 WIB Cetak

Pemukulan Gong oleh Wakil Gubernur Riau (Purn) Edy Natar Nasution S.IP dalam pembukaan Raker Kades Se-Riau di Labersa Siak Hulu. (20/02)

WARTAPOROS.COM - Sikitaran 1500 orang lebih Kepala Desa (Kades), Camat dan Bupati Se-Provinsi Riau berkumpul di hotel Labersa Kecamatan Siak  Hulu kabupaten Kampar, dalam rangka rapat kerja (Raker) membahas  percepatan  penyaluran dan pengelolaan  Dana Desa (DD) tahun 2020, Kamis (20/02).

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengimbau para Kepala Daerah agar memanfaatkan  anggaran DD sesuai kebutuhan masyarakat.

" Telah terbukti Dana Desa memberikan peningkatan dan Kualitas hidup masyarakat,
Dana cukup besar di Riau Rp.1.44 T dengan rata Rp.143 M per kabupaten. Dana yang dikucurkan ke desa cukup besar dan ini menjadi tantangan bagi kepala Desa untuk pemanfaatan bagi kemaslahatan masyarakat," ucap  Edy Natar.

"Jangan ada kepala Desa yang dipenjara Karena kesalahan penggunaan dana desa. 
Oleh sebab itu ikuti aturan yang berlaku dalam pengelolaan Dana Desa tersebut," imbuh Edy.

Dikatakan Wagubri, kemiskinan masih menjadi masalah dominan di setiap Desa di Riau, utuk itu pemanfaatan dana desa hendaknya dapat mengatasi mesalah tersebut selain pembaugunan Infrastruktur dan sosial kemasyarakatan.

Loading...

Sementara itu Bupati Kampar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Febrinaldi Tridarmawan, S. STp, M. Si "melalui Raker Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun  2020 diharapkan Desa dan Daerah dapat menggesa kesiapan administrasi penyaluran DD 2020 untuk dapat segera tersalur dari RKUN (Rekening Kas Umum Negara) ke RKD (Rekening Kas Desa) sebagaimana diatur dalam PMK 205 thn 2019" Kata Febrinaldi yang didampingi oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Kampar Muhammad.

"Diharapkan juga setelah tersalur nantinya segera dimanfaatkan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya perubahan regulasi penyaluran melalui PMK 205 tahun 2019, Desa dan Daerah segera menindaklanjuti guna adanya percepatan penyaluran, khususnya tahap I sebagimana yang ditekankan oleh  Bupati Kampar yang  mengharapkan adanya percepatan ini agar DD dapat segera dimanfaatkan" Kata Febrinaldi lagi.

Sementara salah Seorang Kepala Desa dari Kabupaten Kampar, Kepala Desa Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Two Bagus Parito Pohan usai pertemuan menyampaikan bahwa pertemuan ini sangat bermanfaat bagi Kepala desa dalam menambah wawasan maupun terhadap pengelolaan Dana Desa  yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena tak dipungkiri banyak hal yang belum diketahui oleh kepala dalam pengunaan dana desa, sehingga ini dapat di terapkan di desa nantinya.

Dikatakan Two Bagus "Besaran dana desa berfariatif sampai 1 miliar.
Selain itu Dana Desa juga bersumber dari  Add dari Kabupaten, Bankeu Provinsi. Pajak Bagi Hasi (Pbh) dari Kabupaten dan Pad Desa, tentunya kami di desa lebih berkeinginan dalam percepatan pembangunan bagi kemasyarakatan di Desa kami" Tutup Two Bagus.

Dimana kegiatan tersebut dibuka langsung oleh wakil gubernur riau (Purn) Edy Natar Nasution S.IP danjuga dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Bidang  Ekonomi dan pembangunan RI DR. Hamdani. (Pjr)





Baca Juga Topik #korupsi+
Business

Kepala Sekolah di Riau Ditangkap Polisi

Jumat, 29 November 2019
Business

Tiga Penasihat KPK Pilih Mundur

Selasa, 03 Desember 2019


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+