Program Pendampingan Sukses, Dandim 0414 Belitung dan Kadistan Panen Raya Padi

Selasa, 19 Februari 2019 - 08:30:35 WIB Cetak

WARTAPOROS.COM - Dandim 0414 /Belitung Letkol Inf Indra Padang bersama Kepala Dinas pertanian perkebunan dan peternakan Kab Belitung melakukan panen raya padi di dusun Karang Asem, desa Perpat Kec Membalong, Senin (18/02/2019).

Program Swasembada pangan merupakan penjabaran dari MOU antara Kementerian Pertanian dengan TNI AD  mulai dari Luas Tambah Tanam (LTT), pengawalan pendampingan para petani, pen distribusian pupuk subsidi, sampai ke penjualan beras/gabah hasil pertanian dalam hal ini Bulog Kab. Belitung.

Kodim 0414/Belitung bersama-sama Dinas pertanian Kab. Belitung dan Kab Belitung Timur (Beltim)  berupaya untuk mengajak masyarakat di dua Kabupaten di pulau Belitung yang pada umumnya sebagai penambang Timah beralih ke sektor pertanian sawah. Memang sangat berat mengajak masyarakat yang tadinya sebagi penambang dengan hasil yang cukup besar harus beralih ke sektor pertanian padi sawah yang sangat berbeda jauh baik dilihat  dari segi harga jual dan pendapatan bruto

Loading...

Selama 4,5 tahun sudah Kodim 0414/Belitung bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kab. Belitung maupun Kab Beltim dan Stage Holder yang lainya berupaya mengajak masyarakat untuk menanam padi sawah.

Kelompok tani Keremak Jaya Dusun Karang Asem Desa Perpat Kec. Membalong Kab. Belitung mempunyai luas wilayah persawahan  60 Ha ini. Hasil yang di capai sampai saat ini dalam pengambilan sample ubinan padi perhektar mencapai hasi 3,4 ton Gabah Kering Panen (GKP).

Wujud Motivasi

Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indera Padang S.Sos dalam sambutanya menyatakan,Panen Raya ini merupakan wujud nyata motivasi TNI AD kepada seluruh masyarakat Belitung untuk dapat meningkatkan budaya bercocok tanam. Karena kita ketahui bahwa budaya masyarakat Belitung mata pencaharianya sebagai penambang timah, mau tidak mau Tambang Timah di Belitung tidak bertahan lama atau akan habis maka mulai sekarang kita harus beralih ke pertanian sebagai mata pencaharian utama khususnya tanaman padi sawah.

"Peran dari TNI AD melakukan pendampingan kepada para petani, PPL, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Belitung" tegasnya.

Sementara Kadistan Kab. Belitung Ir. Destika Efendi menyatakan “ TNI dalam hal ini Kodim 0414/Belitung sudah all out mendukung Program ketahanan Pangan kedepan kesenjangan pangan kita sangat tinggi dalam artian kebutuhan pangan kita di datangkan dari luar Pulau Belitung, kedepanya kita harap kesenjangan ini dapat diatasi, tentunya sinergitas antara Pemda Kab. Belitung dengan Kodim 0414/Belitung, Petani dan seluruh elemen Masyarakat kita harus membuat Komitmen bagaimana hasil pertanian Kab. Belitung lebih baik" lagi paparnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dandim 0414/Blt  Letkol Inf Indra Padang, S. Sos ,Kadistan Ir. Destika Effendi, Pasi Ter Kodim 0414/Blt  Kapten Inf Hermansyah, Kapolsek Membalong ( AKP Ghalih, Camat Membalong  Sarman Alfarizi Kades Prepat Bapak Sukri, Kepala KUA Kec. Membalong Bapak Absorihin serta Anggota Gapoktan sebanyak  50 Orang.*

Reporter: AR

Editor     : Nasrul Rully





Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+